Bupati Gusmal Beri Tenggat 3 Bulan Wali Nagari Selesaikan RPJM Nagari

Bupati Solok H. Gusmal saat menghadiri Sertijab Wali Nagari Sumani
Bupati Solok H. Gusmal saat menghadiri Sertijab Wali Nagari Sumani (Ist/Humas)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Bupati Solok, H. Gusmal meminta wali nagari yang baru dilantik untuk menyegerakan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) nagari.

Bupati Solok memberikan tenggat waktu 3 bulan pasca pelantikan wali nagari untuk menyusun RPJM nagari. Dalam penyusunannya, wali nagari dan perangkat harus menyesuaikan dengan RPJM daerah, provinsi dan pusat.

"Dalam waktu 3 bulan harus selesai RPJM Nagari, dan sesuaikan dengan pemerintahan yang lebih tinggi," sebut Gusmal, Rabu (28/1/2020).

Baca Juga

Dikatakannya, selarasnya RPJM nagari dengan pemerintahan yang lebih tinggi akan memudahkan untuk penyaluran bantuan, baik daerah, provinsi dan pemerintah pusat.

"Apalagi, tahun 2020 nanti bantuan yang akan digelontorkan oleh pemerintah pusat ke masing-masing daerah cukup besar, untuk menerimanya harus memiliki program yang selaras," sebut bupati.

Selain itu, Gusmal juga mengingatkan wali nagari tidak tergesa-gesa untuk melakukan pergeseran pejabat yang ada di lingkungan pemerintahan nagari. Fokus dulu untuk penguatan pemerintahan.

"Bagi yang baru, fokus dulu untuk penyesuaian diri dengan tugas dan fungsi. Pelajari berbagai aturan yang berkaitan dengan pemerintahan nagari," tutupnya.

Seperti diketahui, RPJM nagari merupakan dokumen perencanaan pembangunan nagari selama 6 tahun atau satu periode pemerintahan, nantinya akan dijabarkan dalam bentuk Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) nagari per tahun.

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Syafriadi | Editor: Rezka Delpiera