Sejak Selasa Malam Hingga Rabu Sore, BPBD Padang Catat 39 Pohon Tumbang

Salah Satu Pohon Tumbang yang Dibersihkan BPBD Kota Padang
Salah Satu Pohon Tumbang yang Dibersihkan BPBD Kota Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, 39 pohon tumbang terjadi di Kota Padang, sejak Selasa (28/1) malam hingga Rabu (29/1) sore.

Hal tersebut, diakibatkan cuaca buruk yang terjadi selama dua hari terakhir, sehingga puluhan itu pohon tumbang.

Pohon tumbang juga merusak rumah masyarakat dan juga mengganggu akses lalulintas kendaraan, yang terjadi di beberapa lokasi seperti di Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Begalung, Bungus Teluk Kabung, Kuranji, Padang Barat, Padang Timur, Kecamatan Nanggalo, dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga

Akibatnya, 10 rumah mengalami kerusakan dan menimpa kabel dan tiang listrik sehingga arus listrik sempat terganggu beberapa saat. "Selain faktor cuaca, kondisi pohon-pohon yang sudah lapuk juga menjadi faktor tumbangnya pohon-pohon," ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh Petugas BPBD Kota Padang yakni dengan melakukan pemotongan dan pembersihan terhadap material pohon tumbang dengan menggunakan beberapa alat seperti mesin gergaji.

"Karena peristiwa pohon tumbang ini tersebar di beberapa lokasi, maka kami bagi menjadi tim untuk melakukan pembersihan," ungkapnya. Pohon yang tumbang didominasi oleh pohon nangka, patai-patai, kelapa, dan beberapa jenis pohon lainnya. Sementara panjang dari pohon berkisar dari 12 meter sampai 30 meter.

Beruntung dalam peristiwa pohon tumbang tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari peristiwa pohon tumbang ini. Untuk kerugian kami belum bisa memprediksi," ujarnya.

Terakhir Sutan mengimbau kepada masyarakat, untuk berhati-hati dan menghindari untuk beraktivitas di luar hujan karena cuaca buruk masih dapat terjadi di Kota Padang.(*)

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Editor: Muhammad Haikal