Dishub Ujicoba Enam Unit Transpadang Jalur Teluk Bayur-Anak Aie

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakhri
Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakhri (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Enam unit Trasnpadang mulai melakukan ujicoba disepanjang jalur Teluk Bayur - Anak Aie Bypass, Sabtu, 1 Februari 2020. Uji coba dilakukan dalam tiga waktu, yakni pagi (pukul 06.15, 06.30, 06.45 Wib), siang (pukul 11.30, 11.45, 12.00 Wib), serta sore (16.15, 16.30, dan 16.45 Wib).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakhri mengatakan uji coba tahap awal ini ada enam unit bus yang dioperasikan. Enam bus ini dibagi menjadi dua arah, yakni dari arah utara tiga unit dan dari arah selatan sebanyak tiga unit.

"Ujicoba ini akan dilakukan selama dua bulan. Untuk pengelolaannya masih dilakukan secara swakelola oleh Dishub karena pemilihan operator melalui tender masih berlangsung, sehingga untuk tahap awal kita yang mengawal langsung," katanya saat ditemui di jalur Bypass, Sabtu, 1 Februari 2020.

Baca Juga

Menurutnya ujicoba ini dilakukan secara bertahap kepada masyarakat. "Sehingga untuk tahap awal ini, hanya enam bus yang baru kita operasikan. Langkah ujicoba ini juga dilakukan menjelang pengumuman pemenang tender untuk operasional pada pertengahan Maret mendatang," tuturnya.

Ia mengatakan hingga saat ini masih ada 31 halte yang belum tersedia. "Sisanya ini kita harapkan dibantu oleh perusahaan atau pihak swasta yang ingin membantu mendirikan halte. Dari perhitungan kita, satu halte yang sesuai standar senilai Rp80 juta," jelasnya.

Diakuinya, hingga saat ini, pihaknya baru berhasil membangun 40 halte dengan tangga yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp300 juta. "Sehingga untuk halte yang belum ada, kita pasang tanda dengan untuk naik yang bisa dilakukan dari pintu depan atau dekat sopir," jelasnya.

Sementara itu, untuk penggunaan uang nontunai dalam transportasi ini dilakukan dengan menyediakan pihak dari BRILink. "Sehingga masyarakat bisa membeli kartu untuk pembayaran. Jika masih belum membeli, maka penumpang akan membayar kepada pihak BRILink," tuturnya.

Ia menuturkan dengan telah beroperasinya Transpadang koridor empat, angkutan umum tetap bisa beroperasi. "Karena ini tidak akan mematikan usaha angkutan umum sepanjang jalur ini," jelasnya.

Pada hari pertama ujicoba Transpadang, antusias masyarakat juga cukup baik. Hal ini terlihat dari mereka yang menggunakan moda trasnportasi ini untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. "Kita berharap ini bisa berjalan baik dan bisa diterima semua pihak," jelasnya. (*)

Baca Juga

Editor: Fitria Marlina

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com