Beli Hewan Peliharaan Secara Online Malah datang Empat Kucing Hutan, Warga Padang Serahkan ke BKSDA

Anak kucing hutan yang diserahkan oleh seorang masyarakat kepada BKSDA Sumbar
Anak kucing hutan yang diserahkan oleh seorang masyarakat kepada BKSDA Sumbar (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Empat ekor anak kucing hutan diserahkan oleh masyarakat kepada Balai Konsevasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Sumatera Barat, setelah menerima kiriman saat berbelanja online.

"Pada awalnya ada seorang masyarakar yang membeli kucing bengal yang ada di luar negeri secara online. Tetapi setelah dia melihatnya, ternyata kucingnya berbeda dan setelah ia cari tahu, ternyata itu kucing hutan," ujar Kepala BKSDA Sumbar , Herli Sukrismanto, Selasa 4 Februari 2020.

Menurutnya, karena mengetahui tentang binatang yang dilindungi, masyarakat yang merupakan security PLN itu melaporkan kepada BKSDA dan menyerahkan empat ekor anak kucing hutan itu.

Baca Juga

Setelah diserahkan, keadaan fisik satu dari empat anak kucing hutan tersebut cukup mengkhawatirkan. "Kondisi fisiknya ada satu ekor yang perlu perawatan karena kondisinya sangat lemah. Saat ini sedang dirawat oleh dokter hewan kami supaya kondisinya pulih kembali," lanjutnya.

Kedepan, menurutnya anak kucing hutan ini akan dikembalikan ke alam sekitar dua bulan mendatang. "Hal ini dilakukan supaya mereka bisa berburu dan survive di alam liar," lanjutnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penjualan hewan dilindungi secara online, pihaknya melakukan beberapa hal. "Untuk mengantisipasi kejadian serupa, setiap hari kami memantau melalui media sosial dan berkoordinasi dengan komunitas pecinta binatang ," sambungnya.

Sementara itu, untuk penjual kucing hutan ini pihaknya masih melakukan penyelidikan apakah hewan itu merupakan hasil penangkarannya sendiri atau memang ditangkap di hutan.

"Kami belum mengetahui bagaimana penjualnya mendapatkan anak kucing hutan ini. Itu masih kami selidiki dan mudah-mudahan ini akan terungkap," katanya.

Kepada publik ia berharap agar memberitahukan kepadanya jika menemukan hal serupa dengan mengunjungi ke Kantor BKSDA Sumbar di Jalan Khatib Sulaiman Padang .

Baca Juga

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com