Iuran Naik, Ratusan Peserta BPJS Cabang Payakumbuh Pilih Turun Kelas

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Nining Indira.
Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Nining Indira. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Naiknya iuran BPJS mulai 1 Januari 2020 membuat sekitar 200 peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar di BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh memilih untuk turun kelas.

"Ada sekitar 200 peserta yang sebelumnya di kelas satu atau dua yang sudah mendaftar untuk turun ke kelas tiga. Hal itu akibat dari naiknya iuran pada 2020 ini," kata Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh , Nining Indira, Selasa (4/2).

Dikatakan Nining, ratusan warga yang memilih turun kelas tersebut berasal dari tiga daerah yang di bawahi oleh BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh , yaitu Kota Payakumbuh , Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga

"Perbedaan di masing-masing kelas itu hanya terletak pada kamar rawat inap saja. Sedangkan untuk pelayanan lain, seperti dokter dan obat semua sama, baik itu kelas satu, dua, ataupun kelas tiga," tegasnya.

Seperti diketahui, semenjak 1 Januari 2020, iuran BPJS kesehatan ditetapkan naik hampir 100 persen. Untuk kelas 1, iuran naik menjadi Rp160 ribu dari sebelumnya Rp80 ribu. Kelas 2, dari Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu. Sedangkan kelas 3, naik menjadi Rp42 ribu dari sebelumnya Rp25,5 ribu.

Menyikapi naiknya iuran pada 2020 ini, pihak BPJS Cabang Payakumbuh telah menyampaikan kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang menjadi mitra untuk meningkatkan pelayanan terhadap warga.

"Untuk RS dan Puskesmas sudah ada aplikasi antrean online melalui Mobile JKN. Di RS juga ada display ketersediaan ruang rawat inap, sehingga warga bisa mengetahui tersedia atau tidaknya ruangan ketika harus menjalani rawat inap," jelasnya. (*)

Baca Juga

Editor: Taufik Hidayat

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com