Antisipasi Longsor, Kodim 0306/Limapuluh Kota Tanam Ribuan Tanaman Vetiver

Dandim 0306/50 Kota bersama Bupati Irfendi Arbi dan jajaran SKPD tanam ribuan tanaman vetiver di daerah rawan longsor.
Dandim 0306/50 Kota bersama Bupati Irfendi Arbi dan jajaran SKPD tanam ribuan tanaman vetiver di daerah rawan longsor. (Ade Suhendra)
LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Mengantisipasi terjadinya longsor di Limapuluh Kota , Kodim 0306/50 Kota bersama sejumlah SKPD lakukan penanaman ribuan tanaman vetiver, Selasa 11 Februari 2020. Penamaman tanaman vetiver ini dilakukan di daerah rawan longsor tepatnya di Lubuk Godang, Jalan Sumbar Riau Jorong Hulu Aia, Kenagarian Persiapan Hulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota .

Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry Stevanus Lahe didampingi Bupati 50 Kota Irfendi Arbi, dan Kalaksa BPBD Joni Amir mengatakan tanaman vetiver adalah tanaman alternatif untuk mencegah terjadinya longsor, di mana menurutnya akar tanaman vetiver ini bisa mencapai sepanjang 6 meter dan efektif menahan agar tidak terjadi longsor.

"Penanaman jenis tanaman ini sebagai langkah preventif agar bencana longsor yang melanda Limapuluh Kota dapat berkurang. Harapannya tentu tidak ada lagi bencana longsor yang nantinya bisa mengakibatkan adanya korban atau kerusakan terhadap alam dan infrastruktur yang ada di Limapuluh Kota ," kata Dandim 0306/50 Kota didampingi Pasi Intel Kapten Kusmianto dan jajaran Denzipur 2 Prasada Sakti dan Batalyon 131 Braja Sakti.

Baca Juga

Selain melakukan penanaman ribuan tanaman vetiver ini, rombongan Dandim 0306/50 Kota juga bergerak ke arah Jembatan Layang Kelok Sembilan untuk melakukan pembersihan di salah satu objek wisata unggulan Sumbar yang terletak di Limapuluh Kota .

"Semoga upaya preventif ini dapat terus digalakkan dan menjadi upaya agar tidak terjadi longsor di Limapuluh Kota . Kemudian aksi bersih-bersih ini juga salah satu langkah agar kawasan Jembatan Kelok Sembilan dapat bersih dan pengunjung pun akan malu untuk membuang sampah karena lokasinya sudah bersih kalau dibersihkan," ujarnya bersama Danramil 05/Harau Mayor Inf Sukiran dan Danramil 02/Pangkalan Mayor Inf Hasbullah.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com