400 Orang Mahasiswa Universitas Andalas Kuliah Bersama dengan Duta Besar Amerika Serikat

""Saya begitu senang berada di kampus paling indah di dunia ini," kata Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Brian McFeeters"
Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Brian McFeeters saat kuliah bersama dengan ratusan mahasiswa Univertias Andalas di Padang (KLIKPOSITIF/Vendo Olvalanda S)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sekitar 400 orang mahasiswa memadati Ruang Seminar Gedung I Universitas Andalas demi menghadiri kuliah umum bersama Brian McFeeters, Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Selasa, 23 Agustus 2016.

Masuk dalam rangkaian acara Pacific Partnership 2016, kuliah umum bersama Brian McFeeters tadi pagi bertajuk Perlindungan Lingkungan. Tidak sendirian, ia ditemani Juha Salin, U.S Consul General for Sumatra, Tamra Greig, U.S Deputy Consul General for Sumatra, dan Dachriyanus, Wakil Rektor I Universitas Andalas.

Brian pun mengawali pembicaraannya dengan menyampaikan kekagumannya terhadap Universitas Andalas sebagai Bio University.

"Saya begitu senang berada di kampus paling indah di dunia ini. Membuktikan orang-orang di dalamnya sepenuh hati menjaga lingkungan," katanya.

Barulah setelah itu, ia menjabarkan pembahasannya menjadi dua sub. Lingkungan dan Leadership. Bagaimana meningkatkan dan mewujudkan kepedulian serta kecintaan terhadap lingkungan, mulai dari mengantisipasi hingga mengatasi. Juga bagaimana mewujudkan kecintaan dan kepedulian tersebut secara massal dengan menjadi penggeraknya.

Bahkan, mantan Wakil Direktur Kantor Urusan Maritim Asia Tenggara itu menyampaikan bahwa mahasiswa yang sudah mengaplikasikan leadership dalam kesehariannya akan menjadi sosok yang kreatif.

"Tak perlu menunggu waktu. Anda bisa menjadi pemimpin dimana dan kapan saja. Bahkan tanpa jabatan sekali pun. Leadership itu sosok penggerak. Orang yang bisa berbaur dan mengajak sekitar dengan ide dan pemikiran yang ia sampaikan," kata alumnus University of Notre Dome itu.

Sebelum menutup kuliah umum tersebut, tak lupa ia menekankan harapannya. Agar ke depan, mahasiswa-mahasiswa tersebut dapat berperan dalam perlindungan lingkungan di Sumatera Barat.

Di akhir acara, Brian McFeeters bersama beberapa orang staffnya membagikan tas daur ulang bagi para peserta kuliah ... Baca halaman selanjutnya