BPBD Pessel Sebut Genangan di Kota Painan Akibat Pendangkalan Drainase

Genangan air yang merendam sekitaran Hotel Adi Karya atau Bundaran UHA Painan, Jumat 14 Februari 2020, sore
Genangan air yang merendam sekitaran Hotel Adi Karya atau Bundaran UHA Painan, Jumat 14 Februari 2020, sore (BPBD Pessel)

PESSEL, KLIKPOSITIF -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyebutkan, genangan air yang mengepung sejumlah ruas jalan di Kota Painan, Jumat 14 Februari 2020 sore, akibat dari sumbatan drainase di kawasan setempat.

Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto mengaku, sudah melaporkan kondisi tersebut ke Dinas PSDA setempat. Sebab, diduga akibat tidak lancarnya drainase membuat di sejumlah titik tergenang air.

"Jadi saya minta, tolong (diperbaiki), mungkin sudah lama tidak diperlihara tentu sendimennya menumpuk. Sehingga jika hujan datang, terjadi pendangkalan," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Baca Juga

Ia menjelaskan, sejumlah ruas yang terdampak paling tinggi genangan air tadi sore, itu terjadi di sebagian jalan Ilyas Yakub Painan, tepatnya di sekitaran Hotel Adi Karya atau Bundaran UHA Painan, dan di sebagian ruas Jalan Darwis Painan, tepatnya di sekitaran kaki Bukit Langkisau.

"Itu ketinggian air mencapai 30 sentimeter. Untuk titik lainnya cukup mengganggu juga, tapi tidak setinggi di Adi Karya dan Jalan Darwis," terangnya.

Lanjutnya, sesuai data yang dihimpun BPBD Pessel, genangan air yang merendam di kawasan kota itu telah surut sejak pukul 17.30 WIB.

"Tadi kita hanya sempat mengevakuasi anak-anak ngaji ada di situ (area yang terdampak genangan). Kalau yang lain, boleh dikatakan aman-lah. Karena, genangan sekarang sudah surut dan hujan-pun sudah berhenti," tutupnya.

Sebelumnya, diberitakan sejumlah ruas jalan di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dikepung genangan air, Jumat 14 Februari 2020. Genangan yang terjadi dipicu akibat buruknya, aliran drainase di daerah setempat.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, genangan air mulai mengepung badan jalan di daerah ini, sejak pukul 15.00 WIB. Hingga pukul 17.30 WIB genangan tersebut masih menggangu akses pengendara di daerah itu.

Salah satu titik yang terendam paling tinggi, terjadi di jalan kawasan Rawang Painan. Selain itu, juga terjadi di jalan kawasan Simpang UHA Painan, tepat akses jalan Painan- Padang.

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Kiki Julnasri Priatama | Editor: Haswandi