200 Unit Rumah Terendam Banjir di Ranah Batahan Pasbar

Kondisi banjir akibat luapan sungai batang batahan di Jorong Taming
Kondisi banjir akibat luapan sungai batang batahan di Jorong Taming (BPBD Pasbar)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Sekitar 200 rumah warga di Jorong Taming, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terendam banjir, akibat meluapnya Sungai Batang Batahan di daerah itu.

"Hujan yang mengguyur Kecamatan Ranah Batahan sejak Jumat siang mengakibatkan Sungai Batang Batahan meluap," sebut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H Sahputra kepada Klikpositif, Sabtu (15/2/2020) dini hari.

Ia mengatakan, tim dari BPBD dan SAR sudah dikerahkan menuju Jorong Taming dengan perahu karet.

Baca Juga

Akibat banjir, di sekitar perbatasan jalan lintas Sumbar-Sumut terputus karena genangan air, tepatnya di Desa Sampuran (Sumut). "Jika situasi tidak memungkinkan, warga akan kita evakuasi," ungkapnya.

Selain itu kata Decky, ia meminta kepada warga agar segera evakuasi mandiri, jika mendesak sampai bantuan datang. "Di sini minim penerangan, sebab arus listrik dari PLN terpaksa di sebagian wilayah di Kecamatan Ranah Batahan dilakukan pemadaman," tuturnya.

Untuk itu kembali Decky mengingatkan masyarakat agar tingkatkan kewaspadaan, dan segera evakuasi mandiri sedini mungkin, karena ancaman bahaya tidak tahu kapan saja datangnya.

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi