Debit Air Meningkat, Tim SAR Evakuasi Warga Jorong Taming Pasbar

Tim SAR saat evakuasi warga Jorong Taming, Kecamatan Ranah Batahan.
Tim SAR saat evakuasi warga Jorong Taming, Kecamatan Ranah Batahan. (BPBD Pasbar)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Akibat terus meningkatnya debit air luapan Sungai Batang Batahan di Jorong Taming, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Tim SAR terpaksa evakuasi warga.

"Debit air terus meningkat, warga terpaksa harus dievakuasi pada dini hari ini juga, namun untuk evakuasi, kita utamakan kaum lansia, perempuan dan anak," sebut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H Sahputra kepada Klikpositif, Sabtu (15/2/2020) dini hari.

Ia menjelaskan, akibat luapan sungai tersebut, sedikitnya 200 rumah warga telah terendam banjir.

Baca Juga

Sambungnya, Tim SAR yang terdiri dari BPBD dan Basarnas, telah melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi.

Selain itu kata Decky, ia meminta kepada warga agar segera evakuasi mandiri, jika bisa evakuasi mandiri, jangan menunggu sampai bantuan datang. "Di sini minim penerangan, sebab arus listrik dari PLN terpaksa disebagian wilayah dilakukan pemadaman," tuturnya.

Untuk itu kembali Decky mengingatkan masyarakat agar waspada, segera evakuasi mandiri sedini mungkin, karena ancaman bahaya tidak tahu kapan saja datangnya," ulasnya.

Untuk diketahui ungkap Decky, Kecamatan Ranah Batahan salah satu daerah di Pasbar yang kerap dilanda banjir, air sungai batang batahan mudah meluap jika hujan berlangsung beberapa jam saja di daerah itu.

Video

Dramatis, Personel BPBD Solok Lewati Sungai dengan Seutas Tali

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi