Belum Ada Calon Perseorangan yang Mendaftar Pilkada Pessel

PESSEL , KLIKPOSITIF -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengungkapkan, hingga kini belum satu-pun bakal calon (balon) yang menyatakan ikut melalui jalur perseorangan atau independen, pada Pilkada 2020 , di daerah setempat.

Hal itu, dikatakan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Pessel , Yon Baiki. Menurutnya, sejak dibuka pengunguman, hingga kini belum ada yang menghubungi KPU, dan meminta pasword dan ussername sistem informasi pencalonan (Silon).

"Sampai saat sekarang belum ada. Baik dari bakal calon sendiri, maupun LO yang datang. Padahal, untuk syarat dukungan jalur perseorangan sudah diumumkan sejak 26 Desember lalu," ungkapnya saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF , Senin 17 Februari 2020.

Baca Juga

Ia menjelaskan, untuk pendaftaran sesuai aturan Pilkada 2020 , para bakal calon yang ikut jalur independen, harus melalui tahapan yang telah ditetapkan. Selain, menyerahkan syarat dukungan, bakal calon juga harus mengisi atau memasukkan data dukungan ke Silon yang telah disediakan KPU.

"Karena, syarat dukungan itu, dientri ke Silon. Setelah dari Silon offline itu, diprint dan keluarlah B.1.1-KWK, dan file KWK itu yang akan diantar saat Penyerahan syarat dukungan. Nah, sampai saat ini masih belum ada," terangnya.

Menurutnya, untuk syarat dukungan maju melalui jalur perseorangan di Pessel , bakal calon harus memenuhi syarat dukungan 28.158 dari 331 daftar pemilih tetap (DPT). Dan, syarat 28. 158 tersebut harus tersebar di delapan kecamatan, artinya lebih dari 50 persen yang ada di daerah itu.

"Tapi, walaupun demikian, kita tetap siap untuk segala kemungkinan. Jika, ada yang datang meminta Silon jelang penyerahan sayarat dukungan ini, kami layani. Tentunya, harus sesuai dengan aturan dan tahapan yang telah dijadwalkan," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera