Sensus Penduduk 2020 Online Dilaunching di Tanah Datar

Jajaran BPS Tanah Datar saat pencanangan Sensus Penduduk 2020 Online
Jajaran BPS Tanah Datar saat pencanangan Sensus Penduduk 2020 Online (irfan taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Program Nasional Sensus Penduduk (SP) 2020 Online dilaunching di Tanah Datar , Senin 17 Februari 2020, bertepatan dengan acara syukuran empat tahun kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma.

Pencanangan SP 2020 Online ini ditandai dengan pembubuhan tanda tangan komitmen bersama oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bupati Zuldafri Darma bersama Forkopimda, Sekda Irwandi beserta pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal BUMN/BUMD, wali nagari dan berbagai organisasi masyarakat.

Kepala BPS Tanah Datar Muhammad Hudaya mengatakan tahun ini bangsa Indonesia, termasuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar , akan melaksanakan sensus penduduk .

Baca Juga

"Sensus ini dilaksanakan sekali dalam 10 tahun, sesuai dengan amanah undang-undang dan juga rekomendasi organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," tuturnya.

Hudaya menjelaskan SP 2020 ini menjadi sensus yang ke tujuh akan dilaksanakan sejak kemerdekaan, di mana pertama kali diselenggarakan pada 1961, kemudian 1971, 1980, 1990, 2000 dan 2010.

Ia menyebut dalam sensus ini BPS menggunakan data Dukcapil sebagai data dasar, di mana diharapkan akan menghasilkan satu data kependudukan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat beragam kebijakan.

"Sensus dilaksanakan dua jam, sensus penduduk online mulai 15 Februari hingga 31 Maret dan mulai sensus wawancara 1 hingga 31 Juli 2020," ucap Hudaya.

Dalam SP Online, masyarakat dapat melihat sendiri lamannya www.sensus.bps.go.id dengan menyiapkan dokumen KTP, Kartu Keluarga, Akte Pernikahan (bagi yang sudah menikah).

"Masyarakat Tanah Datar diharapkan berpartisipasi dalam pertemuan yang dilaksanakan sensus penduduk 2020 secara online dan mandiri untuk Indonesia Satu Data Kependudukan," ucapnya. (*)

Baca Juga

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com