Gubernur Sebut Sektor Pariwisata Mampu Kurangi Kemiskinan di Sumbar

Objek Wisata Pulau Pagang
Objek Wisata Pulau Pagang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), terus menggenjot sekolah pariwisata. Pasal dengan potensi alam yang luar biasa, dapat menarik wisatawan agar, datang berkunjung ke Sumbar serta menambah pemasukkan.

"Menurut data Badan Pusat Stastik, tingkat kemiskinan di Sumbar rendah. Salah satu penyebabnya adalah berkembangnya pariwisata di Sumbar," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Selasa, 18 Februari 2020.

Dijelaskannya, majunya sektor pariwisata menjadi lahan baru bagi masyarakat untuk berdagang, walaupun kecil-kecilan.

Baca Juga

"Ada objek wisata dikunjungi wisatawan, otomatis masyarakat atau warga sekitar destinasi langsung jualan. Ini pemasukan bagi mereka karena pengunjung belanja," jelas Irwan.

Apalagi, lanjutnya, Sumbar memiliki banyak potensi pariwisata alam mulai dari destinasi wisata laut, pantai, hingga wisata budaya dan kuliner.

"Wisata kalau dikelola serius akan mendatangkan uang," tuturnya.

Sementara itu data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Barat pada Desember 2019 mencapai 5.180 orang.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) bulan Desember 2019 mencapai 5.180 orang, mengalami kenaikan 3,33 persen dibanding wisman November 2019 yang tercatat sebanyak 5.013.

Sedangkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sumatera Barat bulan Desember 2019 mencapai rata-rata 60,18 persen; mengalami penurunan 2,09 poin dibanding TPK bulan November 2019 sebesar 62,27 persen.

Jumlah barang yang diangkut melalui angkutan laut dalam negeri Sumatera Barat pada bulan Desember 2019 mengalami kenaikan sebesar 6,57 persen dibandingkan bulan sebelumnya. (*)

Baca Juga

Editor: Joni Abdul Kasir

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com