Operasi Pasar di Bukittinggi, Warga Rebutan Bawang Putih Murah

Warga Rebutan Bawang Putih di Bukittinggi
Warga Rebutan Bawang Putih di Bukittinggi (KLIKPOSITIF/HATTA RIZAL)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF —Pemerintah Bukittinggi menggelar operasi pasar terkait melambungnya harga bawang putih di pasaran. Pemko Bukittinggi melakukannya di dua titik, yakni Pasar Bawah dan Pasar Aur Kuning, Rabu 19 Februari 2020.

Pantauan KLIKPOSITIF , puluhan warga sudah antri sejak pukul 08.00 WIB, padahal operasi pasar itu baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

''Ini bawang bantuan dari Pemerintah Pusat, total yang kita bagi 1 ton masing-masing lokasi, harga jualnya 32 ribu perkilogram,''sebut Kabid Ketahanan Pangan Dari Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi Erlina.

Baca Juga

Setiap warga, kata dia, boleh membeli satu hingga maksimal dua kilogram bawang putih .

''Kita harap melalui kegiatan ini harga bawang putih bisa turun dan memancing agen-agen tak menimbun stok,'' ujarnya.

Saat ini, pasca Pemprov Sumbar menggelar operasi pasar di berbagai daerah, harga bawang putih relatif turun, di Bukittinggi harga bawang putih sudah berada diangka 40 ribuan perkilogramnya, sebelumnya kata Erlina, harga bawang putih sempat tembus 60 ribuan, padahla normalnya berkisar antara 28-32 ribu rupiah.

Harga bawang putih dalam operasi ini, tentu jauh dibawah harga pasar . Akibatnya, terjadi rebutan antar warga yang sempat membuat petugas kewalahan. Akhirnya, setelah ditertibkan, antrian mulai teratur. Beberapa jam yang lalu, stok bawang dalam operasi itu dilaporkan mulai habis dibeli warga.

Baca Juga

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com