Tanggapan Warga Kota Padang Terkait Revisi Perda Ketertiban Umum

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang baru saja menetapkan revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2015 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Dalam revisi itu, ada aturan soal batasan jam keluar malam bagi remaja (anak sekolah) hingga pukul 23.00 Wib. Lalu bagaimana pendapat masyarakat terkait hal ini?

Linda salah seorang warga di kawasan Pampangan mengatakan batasan aturan yang ditetapkan hingga pukul 11 malam itu dinilai cukup longgar. "Bgai saya itu aturan yang masih longgar jika ditetapkan dan ditujukan kepada anak sekolah. Saya menilai jam 11 malam adalah waktu yang sudah larut. Dan jika kita peruntukkan untuk anak sekolah, itu bukanlah waktu yang tepat," katanya kepada KLIKPOSITIF di Padang, Rabu, 19 Februari 2020.

Ia mengatakan batasan waktu untuk anak sekolah berada di luar rumah adalah pukul 09.00 malam atau pukul 21.00. "Karena pada pukul segitupun mereka juga harus beristirahat untuk kembali ke sekolah pada besok harinya. Sehingga saat aturan dalam revisi Perda yang baru itu pukul 11 malam, maka saya kurang setuju," jelasnya.

Baca Juga

Menurutnya seorang anak harusnya tidur pukul 21.00 Wib. "Sehingga sebelum pukul 21.00 Wib sudah harus berada di rumah. Saya menerapkan ini kepada anak saya sehingga saat aturan yang direvisi itu pukul 23.00 Wib. Ini agak aneh bagi saya," tuturnya.

Sementara itu, Syaiful yang merupakan warga Gadut Padang mengatakan, batasan waktu hingga pukul 11 malam bagi remaja adalah aturan yang sangat bagus. "Ini adalah aturan bagus dalam menangkal kenakalan remaja di malam hari. Namun alangkah baiknya aturan itu pada batas waktu pukul 21.00 Wib," katanya.

Ia mengatakan aturan jam malam bagi remaja itu sangat baik diberlakukan. "Ini agar tidak terjadi lagi hal-hal yang tak diinginkan dalam pergaulan remaja. Sehingga mereka juga bisa belajar dengan baik," jelasnya.

Disisi lain, Atik warga Simpang Haru Padang mengatakan bahwa revisi Perda dengan menetapkan batas jam keluar malam bagi remaja sangat bagus. "Namun hal itu saya nilai cukup kemalaman karena untuk anak sekolah batas waktu pukul 11 malam adalah cukup malam. Alangkah baiknya jika Perda yang juga belum diparipurnakan itu diubah emnajdi pukul 9 malam," tuturnya.

Sebelumnya, DPRD Padang baru saja merevisi Perda Nomor 11 Tahun 2015 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Dalam revisi itu, DPRD menekankan kepada batas jam keluar malam bagi remaja dan soal izin hiburan malam. (*)

Baca Juga

Editor: Fitria Marlina

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com