Ini Cara Bima Sakti Tingkatkan Disiplin Pamain Timnas U16

Timnas U-16 saat latihan pagi di Lapangan UII Yogyakarta
Timnas U-16 saat latihan pagi di Lapangan UII Yogyakarta (Ade Suhendra)

YOGYAKARTA, KLIKPOSITIF - Tingkatkan kedisiplinan pemain, pelatih kepala Timnas U-16 Bima Sakti ungkap strateginya agar tetap disiplin. Selain memilih lokasi hotel yang jauh dari keramaian Yogyakarta, Bima Sakti juga menerapkan aturan selama pemusatan latihan.

Hal ini disampaikan Bima Sakti usai jalani latihan pagi Kamis 20 Februari 2020. Ia menjelaskan bahwa usia pemain saat ini tentunya cukup labil dan harus dikontrol agar lebih disiplin, terutama saat menjalani TC dan latihan.

"Peraturan cukup ketat saat TC ini dan pemilihan lokasi. Kami sengaja mengambil hotel yang cukup jauh tapi fasilitasnya juga bagus. Kemudian transportasi ke lapangan dari hotel juga dekat. Selain itu ada aturan khusus yang diterapkan kepada anak-anak selama TC ini," kata Bima Sakti.

Baca Juga

Beberapa aturan tersebut dijelaskan Bima Sakti adalah adanya denda yang diberlakukan kepada pemain yang melanggar aturan. Lebih lanjut dijelaskannya saat pemain terlambat latihan, terlambat makan, dan terlambat meeting maka akan dikenakan denda sebesar Rp50.000.

"Denda ini dikenakan karena memang pemain sudah memiliki uang sakunya. Kemudian selama TC juga berlaku NO HP, maksdunya adalah ada aturan bermain HP yang harus ditaati. Dalam hal ini kami memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memegang HP selama 4 jam dalam sehari," ujarnya.

Namun waktu 4 jam diperbolehkan bermain HP ini dibagi dalam jam-jam tertentu. Salah satunya setelah latihan selama satu jam dan sore setelah Ashar satu jam serta dua jam setelah maghrib sampai pukul 21.00 WIB atau pukul 9 malam.

"Tentunya kami juga memberikan kesempatan kepada pemain agar dapat menjaga komunikasi dengan teman-temannya dan keluarganya. Kami mengajarkan agar mereka dapat mengatur waktunya dan yang lebih penting yaitu memperhatikan waktu istirahat," kata Bima Sakti.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com