Jelang Pilkada

KPU Pessel Butuh 546 Anggota, Ayo Daftar Jadi PPS

Berkas pelamar PPS yang sudah sampai di Kantor KPU Pessel
Berkas pelamar PPS yang sudah sampai di Kantor KPU Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membutuhkan sebanyak 546 panitia pemungutan suara (PPS) tingkat nagari pada Pilkada 2020 ini. Sejak dibuka, Selasa 18 Februari lalu, hingga kini baru sebanyak 125 perserta yang sudah mendaftar.

Komisioner KPU Pesisir Selatan, Febriani mengungkapkan, pendaftaran PPS, tidak juah berbeda dengan pendaftaran PPK beberapa waktu lalu. Pengiriman berkas, tetap dilakukan melalui jasa PT. Pos dengan pesyararatan yang telah ditentukan.

"Di hari pertama dokumen yang masuk sebanyak 4 dokumen, dan hari kedua sebanyak 121 dokumen. Jadi total sampai Rabu kemarin, baru sebanyak 125 dokumen (perserta yang mulai mendaftar)," kata Koordinator Divisi (Kordiv), Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, KPU Pessel ini pada KLIKPOSITIF , Kamis 20 Februari 2020.

Baca Juga

Ia menjelaskan, sesuai kebutuhan per-nagari KPU Pesisir Selatan, membutuhkan 3 orang anggota. Jika ditotalkan ke 182 nagari di daerah itu, berarti harus diterima 546 orang.

"Mungkin saja, masih banyak mempersiapkan berkas. Jadi sampai hari Rabu kemarin, baru 125 orang. Mungkin hari ini (Kamis) dan hingga hari terakhir akan lebih banyak," jelasnya.

Untuk persyaratan pendaftaran sendiri, tidak jauh berbeda dengan PPS pemilu sebelum. Selain, memiliki ijazah menimal SMA, umur peserta diminta paling rendah 17 tahun. Selain itu, juga harus berdomisili sesuai wilayah yang didaftar berdasarkan KTP, dan tidak sebagai anggota partai Politik serta tidak pernah dipidana dengan ancaman 5 tahun keatas.

"Yang pasti untuk PPP terpilih kita butuh sebanyak 3 orang per-nagari dari 182 nagari yang ada. Namun untuk pendaftaraan ini kita membutuhkan 2 kali lipat dari jumlah kebutuhan yaitu, sebanyak kurang lebih 1092. Jika tidak mencukupi, maka bisa diperpanjang," terangnya.

Sesuai jadwal yang ditentukan KPU Pesisir Selatan, pendaftaran bakal berakhir hingga 24 Februari 2020 nanti. Artinya, jika ada putra-putri di setiap nagari berbakat jadi penyelenggara Pemilu, bisa langsung mengirim berkas melalui Pos ke alamat Kantor KPU Pessel di Painan.

"Untuk dokumen persyaratan PPS dapat diunduh dilaman situs KPU Pesisir Selatan, https://kab.pesisirselatan.kpu.go.id. Atau bisa dilihat di kantor camat dan wali nagari setempat," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com