Jamin Keselamatan Kerja, Bawaslu Tanah Datar Jalin Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan

Penandatangan kerjasama antara Bawaslu Tanah Datar dengan BPJS Ketenagakerjaan
Penandatangan kerjasama antara Bawaslu Tanah Datar dengan BPJS Ketenagakerjaan (Irfan Taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi dalam upaya menjamin keselamatan kerja bagi jajaran Panwas di tingkat kecamatan, nagari dan tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan di Batusangkar, Kamis 20 Februari 2020 mengatakan kerjasama jaminan sosial ketenagakerjaan ini meliputi jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

"Untuk jaminan kecelakaan kerja, anggota Panwas akan dijamin biaya pengangkutan ke rumah sakit termasuk pertolongan pertama," tutur Hamdan.

Baca Juga

Kemudian, biaya pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan di rumah sakit termasuk untuk rawat jalan, santunan berupa uang terdiri dari perawatan sesuai kebutuhan, santuan kematian, dan cacat permanen, serta beasiswa bagi dua anak sesuai peraturan.

Sementara untuk jaminan kematian, peserta akan memperoleh santunan berkala, santunan berupa uang, biaya pemakaman, dan beasiswa untuk dua anak peserta.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Said Ahmad Fuad mengatakan bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan diberikan biaya perawatan tanpa batas biaya sesuai kebutuhan.

Kemudian, santunan sementara tidak mampu bekerja 12 bulan pertama 100 persen dan seterusnya hingga sembuh 50 persen, santunan kematian 48 x upah atau 56 x upah bagi peserta cacat total tetap.

Ia menjelaskan untuk iuran peserta tidaklah terlalu besar dihitung berdasarkan persentase terhadap haji UMK tahun 2020 sebesar Rp2,5 juta dengan rincian jaminan kecelakaan kerja Rp6.000 (0,24 persen) dan jaminan kematian Rp7.500 (0,3 persen).

"Jadi total setiap peserta membayar iuran sebesar Rp13.500," ucap Said. (*)

Baca Juga

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com