Tes SKD untuk CPNS Kemenperin Dimulai

Tes SKD untuk CPNS Kemenperin
Tes SKD untuk CPNS Kemenperin (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Akademi Teknologi Industri (ATI) Padang selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Padang menggelar rangkaian tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT bagi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Tes dilaksanakan selama 5 (lima) hari berturut-turut, yakni 20 Februari sampai 24 Februari 2020 yang berlangsung di Gedung UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kota Padang, di Gor H. Agus Salim.

Panitia Seleksi CPNS untuk Korwil Padang sekaligus Pembantu Direktur Politeknik ATI Padang, Irna Ekawati, S.Si, MT mengatakan, setiap hari pelaksanaannya terbagi dalam lima sesi, dimana pada hari pertama sekitar 200 peserta mengikuti tes SKD CAT untuk formasi CPNS Kementerian yang berlangsung pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Baca Juga

Setiap peserta yang akan mengikuti tes SKD CAT harus mengikuti beberapa tahapan proses dan ketentuan dari panitia. Meliputi, registrasi, pendaftaran PIN peserta, absensi, mendengarkan arahan tata tertib ujian, body checking, serta memasuki ruang ujian tes SKD CAT.

"Tahapan sebelumnya adalah seleksi administrasi dan hari ini pelamar CPNS mengikuti tes SKD. Kita lakukan selama lima hari, satu hari rata-rata ada lima sesi, satu sesi 90 menit dengan jumlah peserta 50 orang. Namun untuk sesi pertama dan terakhir tidak full 50 oang," kata Irna Ekawati, Kamis, 20 Februari 2020.

Irma menyebutkan, bahwa Kementerian Perindustrian melaksanakan seleksi tersebut secara nasional yang tersebar pada 16 Korwil di seluruh Indonesia. Jumlah yang mengikuti SKB sebanyak 950 orang. Khusus yang di tempatkan di ATI Padang sebanyak 15 orang, yakni 12 dosen dan 3 pranata administrasi komputer.

"Ujiannya banyak ada di korwil Padang, Medan, Palembang. Nah, kita di Padang ini tidak hanya menyelenggarakan seleksi khusus pelamar yang di tempatkan di Padang, tapi juga untuk setiap pelamar yang melamar diseluruh unit Kementerian Industri," ujar Irma Ekawati.

Bagi peserta yang telah mengikuti tes SKD dan dinyatakan lulus, kata Irma Ekawati, berhak mengikuti tahap selanjutnya untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang meliputi psikotest, wawancara, dan tes kemampuan mengajar.

"Nanti di bulan Maret rencana pengumuman SKD. Pada bulan yang sama juga ada tes SKB yang meliputi wawancara, tes mengajar. Bulan April baru pengumuman sekaligus pelamar dinyatakan resmi menjadi CPNS ," sebut Irma.

Pada kesempatan itu, Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal, Drs. Yedy Sabaryadi mengatakan, hari ini Kamis (20/2) khusus untuk Kementerian Perindustruan mulai tes SKD. Sebelumnya telah dilaksanakan tes administrasi di Politeknik ATI Padang.

"Terimakasih pada UPT BKN Padang atas fasilitasi yang diberikan, mudah-mudahan hasil dari ujian SKD ini bisa mengisi formasi kami yang ada. Mudah-mudahan pelamar ujian banyak yang lulus," ucap Yedy Sabaryadi didampingi Direktur Politeknik ATI Padang, Dr. Ester Edwar, M.Pd saat meninjau ruang tes SKD. (*)

Baca Juga

Editor: Joni Abdul Kasir

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com