Hadapi Thailand di Solo, Timnas U-16 Matangkan Set Piece

Suasana latihan Timnas U-16 di Lapangan UII Yogyakarta
Suasana latihan Timnas U-16 di Lapangan UII Yogyakarta (Ade Suhendra)

YOGYAKARTA, KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia U-16 jalani latihan berbeda pada hari kelima. Biasanya, anak asuh Bima Sakti hanya melakukan pematangan strategi tim dan pemain guna menghadapi uji coba yang direncanakan akan melawan Thailand, tanggal 28 Februari 2020 di Solo.

Hasil pantauan KLIKPOSITIF , Jumat 21 Februari 2020 tampak Bima Sakti bersama tim pelatih langsung terjun dan bermain di lapangan. Bersama asisten pelatihnya Indriyanto Setyo Nugroho, pelatih asal Balikpapan ini turut bermain bersama di dalam lapangan.

Latihan yang dimulai pukul 07.00 WIB ini berlangsung selama 2 jam hingga pukul 09.00 WIB. Beberapa materi latihan yang diberikan Bima Sakti adalah organisasi lini tengah, skema menyerang, tendangan pojok, dan tendangan jarak jauh.

Baca Juga

Bima Sakti menambahkan saat latihan yang berlangsung di Lapangan UII Yogyakarta ini ia juga memberikan materi latihan game internal dimana langsung bermain bersama asisten pelatih. Kemudian dalam kesempatan tersebut juga diberikan pematangan tendangan free kick dari berbagai sisi yang mengarah ke gawang serta latihan eksekusi bola mati melalui titik putih.

"Materi latihan yang cukup banyak tadi adalah bagian dari strategi. Dimana kondisi tanpa bola dan kehilangan bola, kita harus defense sama-sama dan begitu hilang bola kita spread out serta melakukan counter attack," kata pelatih kelahiran Balikpapan, 23 Januari 1976 silam tersebut.

Ia juga menjelaskan latihan jelang trofeo yang akan berlangsung besok, Sabtu 22 Februari 2020 tersebut ditutup dengan latihan set piece. Hal ini diungkapkannya karena terkadang sering lupa melakukan latihan set piece ini sehingga saat kondisi buntu tidak dapat berbuat apa-apa.

"Benar, tadi ditutup dengan set piece dan itu penting dalam sepakbola . Sebab kini momennya bukan hanya tiga saja seperti bertahan, menyerang, dan transisi negatif sertapositif. Kita sering lupa melakukan set piece dan untuk menjadikannya sebagai hal yang otomatis maka harus dilakukan latihan rutin yang berulang-ulang," ujar Bima Sakti yang tercatat sebanyak 55 kali penampilan bersama timnas Indonesia.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com