Polri Tanam Bakau di Seluruh Indonesia, Padang Pariaman Kebagian 10 Ribu Batang

Kapolda Sumatera Barat tanam bakau di Tapakis
Kapolda Sumatera Barat tanam bakau di Tapakis (rehasa)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Polri melakukan penanaman pohon bakau (mangrove) serentak di seluruh Indonesia. Untuk Padang Pariaman sedikitnya 10 ribu batang bakau ditanam pada area seluas 20.000 meter, Jumat (21/2).

Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, usai penanaman pohon secara simbolis di Pantai Tiram mengatakan, hal itu dilakukan polri untuk melestarikan dan bentuk peduli terhadap lingkungan.

"Nah untuk Sumbar , kegiatan dipusatkan di Pantai Tiram Korong Tiram Nagari Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman . Penanaman ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Kapolda Sumbar itu.

Baca Juga

Dikatakannya juga untuk Sumbar sebanyak 10 ribu batang bakau yang ditanam, hal ini bentuk langkah penghijauan Sumbar . Selain kegunaan seperti yang disebutkan, Kapolda juga mengulas keguanaan lainnya tanaman bakau.

"Ini juga sangat berguna untuk menahan abrasi di pantai dan bisa menjadi tempat menjaga ekosistem hewan bakau seperti kepiting, udang dan lainnya," kata dia.

Untuk langkah ke depannya, Toni mengaku, kelestarian hutan bakau tidak hanya tercipta dari penanaman bakau, melainkan sangat bergantung pada kesadran masyarakat untuk menjaga ekosistem itu.

"Penanaman adalah langkah awalnya saja, kesadaran masyarakatlah yang mampu menjaga hutan bakau. Maka dari itu kami berikan perintah kepada jajaran di bawah untuk menghimbau dan bersama dengan masyarakat menjaga kelestarian bakau," jelas Kapolda itu.

Sementara itu, dalam agenda penanaman bakau serentak itu, Kapolda juga berikan edukasi kepada anak didik SDN 15 Tapakis terkait bakau dan fungsinya.

Baca Juga

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com