Jalan Hancur, Ketua LKAM Agam Minta Pemda Segera Perbaiki

Jalan Nagari Koto Rantang yang Hancur
Jalan Nagari Koto Rantang yang Hancur (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)
AGAM , KLIKPOSITIF --Ketua LKAM Agam Y Dt Maleka Nan Tinggi meminta Pemerintah memperhatikan jalan yang menghubungkan Kecamatan Palupuah-Kecamatan Palembayan.

Sebabnya, jalan yang berada di Nagari Koto Rantang itu, terutama di Jorong Sitingkai menuju Paraman Palembayan berada dalam kondisi hancur. "Kita minta Pemda melakukan pengerasan, jalannya sudah rusak parah," kata Dt Maleka, Jum'at 21 Februari 2020.

Jalan Sitingkai-Paraman dibangun pada tahun 2017 lewat program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0304/ Agam dengan total 7 kilometer.

Namun, tak adanya perawatan pasca dibangun, membuat jalan itu rusak parah. "Yang rusak parah itu 5 kilometer, yang bisa lewat roda dua, kalau roda empat tergantung jenisnya, baru bisa,"sebut Datuak Maleka.

Baca Juga

Padahal, jalan ini amat penting bagi warga lokal, sebab ada areal pertanian warga seluas 56 hektar yang memanfaatkan jalan tersebut. "Sulit untuk membawa hasil kebun seperti pisang, alpukat, cokelat maupun pinang, kita sangat butuh akses,"lanjutnya.

Datuak Maleka menyebutkan, dahulu di kawasan ini berperan dalam Perang Kemerdekaan 1948, kala itu penduduk di sini menyediakan makanan yang dibungkus dengan daun pisang buat para tentara.

"Jadi jangan lupakan itu, mohon perhatian Pemerintah untuk jalan ini,"pungkasnya.

Pantauan KLIKPOSITIF , jalan ini sudah sepenuhnya hancur, bekas pengerasan semennya sudah menyatu dengan tanah, sementara batunya, sudah berserakan di sana-sini sehingga sangat menyulitkan.

Belum lagi di beberapa titik, terdapat rekahan di tengah jalan sehingga membahayakan. Topografinya yang berada di perbukitan gundul, membuat jalan selebar 3-4 meter ini juga terancam longsor maupun terban sewaktu-waktu.

Baca Juga

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Komentar

Berita Lainnya

Video Terbaru