Tim SAR Gabungan Sebar Pencarian Siswa Hanyut di Enam Titik

Kepala Basarnas DIY L. Wahyu Efendi
Kepala Basarnas DIY L. Wahyu Efendi (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

SLEMAN, KLIKPOSITIF - Upaya pencarian sebanyak 4 siswi SMPN 1 Turi Sleman terus diupayakan pihak Basarnas. Sekitar pukul 23.00 WIB, gabungan dari SAR, BPBD, relawan TNI, dan Polri kembali melakukan penyisiran di enam titik.

Kepala Basarnas DIY L. Wahyu Efendi mengatakan sebelumnya sebanyak 6 siswi telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Kemudian hingga saat ini masih ada 4 siswi lagi yang masih belum ditemukan dan masih dalam pencarian.

"Untuk yang selamat ada 239 siswa yang telah kembali ke rumahnya. Malam ini kami terus lakukan upaya pencarian dengan membagi menjadi 6 tim," kata L. Wahyu Efendi.

Baca Juga

Ia menjelaskan untuk enam titik pencarian ini diprioritaskan di lokasi pertama kejadian. Dimana di sana ditemukan dua siswi pada pukul 19.40 WIB dan 21.30 WIB di dekat jembatan.

"Untuk titik pencarian akan dibagi di enam titik yaitu DAM Matras, DAM Pubra, Checkpoint Lengkong, Checkpoint Polowidi, Checkpoint Gajah, dan Checkpoint Dawar. Masing-masing titik akan dilakukan pendampingan Basarnas dan pihak Kepolisian," katanya.

Ia menjelaskan pencarian oleh Tim OpSAR dilakukan hingga pukul 02.00 dinihari. Kemudian setelah itu dilakukan pergantian shift petugas dan kembali akan dimulai pukul 06.00 WIB pagi.

"Petugas yang ikut dalam tim dilengkapi dengan Alat Pengaman Badan (APB). Untuk besok, akan dilakukan pencarian hingga radius 3 km. Sedangkan malam ini sudah dilakukan sepanjang 2 km dan hasilnya ditemukan beberapa barang korban seperti pakaian Pramuka , topi, dan sepatu," ujar L. Wahyu Efendi.

Menurutnya, pencarian jalur darat yang dilakukan di enam titik malam ini memiliki alasan bahwa mengingat jarak pandang yang tidak memungkinkan lewat jalur sungai atau air. Selain itu, tujuannya juga ingin memaksimalkan waktu pencarian.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com