Buntut Kejadian SMPN 1 Turi, Sultan Hamengkubuwono X Larang Kegiatan Sekolah di Sungai

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

SLEMAN, KLIKPOSITIF - Menanggapi kejadian yang menimpa pelajar SMPN 1 Turi Sleman, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X larang kegiatan apapun bagi siswa sekolah yang di lakukan di pinggir atau di sungai. Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan ke SMPN 1 Turi Sleman, Jumat 21 Februari 2020 tengah malam.

Dalam kesempatan tersebut, ia meminta jajaran terkait di bawahnya untuk mengeluarkan aturan terkait hal itu. Ia juga mengatakan telah menyampaikannya kepada BPBD DIY

"Saya minta untuk mengeluarkan edarannya, selama musim hujan begini saya mohon anak-anak sekolah, tanpa melihat pendidikan entah SD, SMP, maupun SMA, untuk menghindari acara atau program kegiatan baik anak sekolah, pramuka, atau asosiasi apapun untuk menghindari di pinggir sungai," kata Sri Sultan di SMP Negeri 1 Turi, Kabupaten Sleman pada Jumat malam, 21 Februari 2020.

Baca Juga

Ia menjelaskan kegiatan di sungai sangat membahayakan, terlebih di musim hujan saat ini. Sebab menurutnya, keselamatan adalah hal yang harus dinomorsatukan.

"Untuk sementara ini selama musim hujan jangan melakukan aktivitas di sungai. Itu saja. Entah itu alasannya hari minggu untuk bersih desa, bersih kali, dan sebagainya. Ditunda saja dulu. Tidak usah pada waktu musim hujan," katanya.

Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini mengungkapkan, peningkatan debit sungai sulit diprediksi. Debit air sungai bisa meningkat apabila daerah daratan tinggi di Gunung Merapi hujan deras, dan bisa dipastikan debit sungai di hilir meningkat.

"Biarpun di sini tidak hujan tapi kalau Merapi hujan, ya larinya (mengalir) ke kali mesti, karena paling dekat dengan Merapi, pasti paling tinggi kekuatan daya dorongnya, daya luncurnya," ujar Sultan HB X.

Dalam kesempatan tersebut, ia pun sempat menemui guru dan orang tua siswa di SMP Negeri 1 Turi dan menyampaikan bela sungkawa atas kejadian tersebut.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com