Sekda Ajak Pegowes BBGRM 2020 Promosikan Destinasi Wisata Tanah Datar

Pegowes di event Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 di Istano Basa Pagaruyung
Pegowes di event Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 di Istano Basa Pagaruyung (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi mengharapkan seribuan pecinta olahraga sepeda (pegowes) yang mengikuti event Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Tanah Datar .

"Kabupaten Tanah Datar memiliki lebih dari 150 destinasi wisata yang rugi kalau kita tidak berkunjung kesana," ucap Irwandi saat menyambut kedatangan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tatang Sulaiman bersama rombongan dan pegowes finis pertama di Istano Basa Pagaruyung, Minggu 23 Februari 2020.

Acara BBGRM 2020 ini dimulai dari Jam Gadang Bukittinggi dan berakhir di Dermaga Danau Singkarak Kabupaten Solok dengan jarak tempuh 104 kilometer yang diprakarsai oleh Kodam I/Bukit Barisan bersama Korem 032/Wirabraja.

Baca Juga

Irwandi menyebut Luhak Nan Tuo sebagai pusat adat dan budaya Minangkabau, maka destinasi wisata Istano Basa Pagaruyung harus dikunjungi ketika berada di Sumatera Barat.

"Belum ke Sumbar bila tidak mengunjungi Istano Basa Pagaruyung," ujarnya.

Selain Istano Basa Pagaruyung, jelas Sekda, ada sekitar 150 destinasi wisata yang tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar . Istano Basa Pagaruyung menjadi salah satu destinasi andalan kabupaten dengan luas 1.337 kilometer bujursangkar.

Irwandi menyampaikan objek wisata yang tak kalah menariknya untuk disinggahi adalah Desa Terindah di dunia yakni Nagari Tuo Pariangan, kemudian Danau Singkarak, Lembah Anai, Kincia Kamba Tigo, Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Batu Angkek-Angkek, pasar Van Der Cappelen, dan masih banyak lagi.

"Pesona budaya Istano Basa Pagaruyung memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tercatat kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung meningkat setiap tahunnya," tutur Irwandi.

Sementara itu, Wakil KASAD Tatang Sulaiman menyampaikan sangat bahagia dapat menginjakkan kaki ke Istano Basa Pagaruyung sebagai tempat pusat budaya alam Minangkabau.

"Saya baru pertama kali menginjakan kaki di Tanah Datar dan langsung ke Istano Basa Pagaruyung yang merupakan peninggalan sejarah alam Minangkabau," tutur Tatang. (*)

Baca Juga

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com