Rekrutmen Panwaskel di Solsel Diperpanjang

Penerimaan Pendaftaran Calon Panwaskel di Panwascam Pauh duo Solsel
Penerimaan Pendaftaran Calon Panwaskel di Panwascam Pauh duo Solsel (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan memperpanjang masa pendaftaran Panitia Pengawas Kelurahan atau Desa/Nagari sampai 4 Maret 2020. Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar mengatakan untuk Panwaskel dibutuhkan satu orang setiap nagari. Sesuai aturan minimal dibutuhkan pendaftar sebanyak dua kali kebutuhan.

"Ada tujuh Nagari yang diperpanjang karena peserta yang mendaftar kurang dari dua kali kebutuhan, bahkan ada satu nagari yang tidak ada calon panwaskel yang mendaftar," kata Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar Senin, 24 Februari 2020.

Dia melanjutkan nagari-nagari yang diperpanjang masa pendaftaran panwaskel tersebut yaitu Nagari Koto Baru, Pasar Muaralabuh, Pasir talang Barat dan Sako Selatan Pasirtalang di Kecamatan Sungai Pagu. Nagari Pauhduo nan Batigo di Kecamatan Pauh Duo, Nagari Padang Ganting di Sangir Jujuan, dan Pakanrabaa Timur di Koto Parik Gadang Diateh.

Baca Juga

"Jumlah pendaftar Panwaskel di tujuh nagari ini baru berjumlah enam orang. Rata-rata baru ada satu pelamar. Satu nagari bahkan kosong, yakni Pasir talang Barat," sebut Anshar.

Dia melanjutkan untuk nagari yang sudah memenuhi syarat minimal pelamar, masuk tahapan selanjutnya proses perekrutan. Pada penerimaan awal dari 16-22 Februari 2020, sudah ada 118 pendaftar yang ikut dalam seleksi Panwaskel tersebut, sebanyak 69 laki-laki dan 49 wanita.

Berdasarkan jumlah katanya, sejatinya telah melibihi target dua kali kebutuhan dengan jumlah 39 nagari di Solsel , yakni 78 pelamar.

"Secara umum cukup, ada calon panwaskel nagari yang mendaftar melebihi dua kali kebutuhan, tetapi karena tujuh nagari tersebut belum terpenuhi syarat minimal masa pendaftaran untuk tujuh nagari tersebut harus diperpanjang,"jelasnya

Dia melanjutkan setelah dilakukan perpanjangan masa pendaftaran, masih belum terpenuhi syarat minimal kebutuhan calon panwaskel pihaknya akan mendatangi nagari untuk perekrutan.

"Pertama kami perpanjang dulu. Jika tidak juga terpenuhi, mungkin kami minta kesediaan dari nagari yang terdekat. Jika tidak juga bersedia, maka kami akan jemput bola ke lapangan," ujarnya.

Baca Juga

Penulis: Kamisrial | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com