Demi Wujudkan ZI di Payakumbuh, Riza Falepi tak Akan Segan Nonjobkan Pejabat

Riza Falepi (kanan) saat menerima buku Zona Integritas dari Kapolres, AKBP Dony Setiawan.
Riza Falepi (kanan) saat menerima buku Zona Integritas dari Kapolres, AKBP Dony Setiawan. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Wali Kota Payakumbuh , Riza Falepi menekankan pentingnya pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menjadikan daerah tersebut sebagai Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dikatakan Riza, berdasarkan evaluasi yang dilakukan pihaknya diketahui, salah satu faktor yang menjadi kelemahan atau yang menghambat Kota Payakumbuh wujudkan ZI, yakni dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip) Payakumbuh yang masih bernilai BB.

"Sakip kita masih BB, tahun depan saya ingin A, kepala dinas kalau nggak sanggup angkat tangan, bakal saya ganti atau saya nonjobkan," kata Riza Falepi pada saat membuka Sosialisasi Zona Integritas di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balai Kota Payakumbuh , Senin (24/2/2020).

Baca Juga

Dalam sosialisasi ini, Pemko Payakumbuh menghadirkan narasumber Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setiawan yang telah berhasil mewujudkan ZI saat menjabat sebagai Kapolres Kota Solok 2019 lalu.

Riza menyebutkan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD, camat, Kasubag Program dan Keuangan. Hal ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang perubahan atas Permenpan-RB RI Nomor 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan ZI menuju WBK-WBBM.

"Untuk itu kepada seluruh peserta untuk mengikuti dan menindaklanjuti hasil materi dari Kapolres. Kita serius untuk mewujudkan Zona Integritas. Secara praktek tidak ada persoalan, harus tahu ilmu dari ahlinya, makanya kita hadirkan Kapolres kesini," sebutnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan untuk membangun Zona Integritas, harus dimulai dari pimpinan terlebih dahulu.

"Kalau kepalanya tidak serius, maka ZI tidak akan bisa terwujud, karena komitmen tidak ada. Saya di sini membagi pengalaman saya ketika di Solok dulu," ujarnya.

Sama dengan Pemko Payakumbuh , AKBP Dony juga tengah berusaha mewujudkan Polres Payakumbuh menuju ZI.

"Sama-sama belajar, kami juga terus berusaha mewujudkan ZI WBK-WBBM di Polres Payakumbuh ," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Editor: Taufik Hidayat

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com