Hanya Satu Paslon Perseorangan yang Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Pasbar, Siapa Dia?

Paslon perseorangan Agus Susanto - Rommy saat menyerahkan syarat dukungan ke KPU Pasbar
Paslon perseorangan Agus Susanto - Rommy saat menyerahkan syarat dukungan ke KPU Pasbar (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) menyatakan, pendaftaran untuk pasangan calon yang maju melalui jalur perseorangan telah ditutup.

"Pendaftaran untuk paslon perseorangan telah ditutup pada Minggu pukul 24.00 WIB kemaren," sebut Ketua KPU Pasbar , Alharis kepada KLIKPOSITIF , Senin (24/2/2020).

Ia mengatakan, sebelumnya ada dua paslon yang telah mengambil silon. Di antaranya, paslon Agus Susanto-Rommy Chandra dan paslon Marta Gunawan-Lili Syukri.

Baca Juga

Akan tetapi, hingga batas waktu yang ditentukan, hanya satu paslon yang datang menyerahkan syarat dukungan, yakni paslon Agus Susanto - Rommy chandra. Paslon ini menyerahkan syarat sebanyak 25.088 dukungan, Jumat (20/2/2020) lalu.

Namun setelah diperiksa, yang lolos verifikasi syarat dukungan berjumlah 24.430 yang tersebar di delapan kecamatan. Meski berkurang dari jumlah awal syarat dukungan yang diserahkan, paslon ini dinyatakan KPU Pasbar telah memenuhi syarat minimal dan sebaran, dengan diatas ambang batas syarat di angka 21.312 dengan sebaran di enam kecamatan.

Dengan demikian, paslon Agus Susanto - Rommy Chandra telah memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi dan kegandaan.

"Tahap ini akan dimulai pada tanggal 27 Februari sampai 25 Maret 2020," terang Alharis.

Ia menjelaskan, untuk ditetapkan menjadi paslon di pilkada 23 September 2020 mendatang, paslon persorangan harus menempuh dua tahap lagi, pertama tahap verifikasi administrasi dan kegandaan kemudian tahap verifikasi aktual.

Lanjut dia, jika paslon Agus Susanto - Rommy Chandra lolos di tahap verifikasi administrasi, maka akan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret sampai 15 April 2020 mendatang.

"Masing-masing orang yang memberikan dukungan akan kami temui satu persatu dengan sistem sensus. Berbeda dengan aturan lama yang hanya verifikasi sampel," sebutnya.

Jika masa verifikasi faktual syarat dukungan kurang dari syarat yang ditentukan, maka akan diberikan waktu masa perbaikan pada 29 April sampai 1 Mei 2020. Kemudian tahapan selanjutnya hasil perbaikan itu kembali dilakukan pengecekan dan direkap pada 26-27 Mei 2020.

Setelah bakal calon perseorangan itu memenuhi persyaratan maka pendaftaran bakal calon di KPU akan dijadwalkan pada 16-18 Juni bersama pasangan bakal calon lainnya yang diusung oleh partai politik.

Baca Juga

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera