KPU Tanah Datar Perpanjang Pendaftaran PPS, 20 Nagari Belum Cukup Kuota

Calon anggota PPS yang mendaftar ke KPU Tanah Datar
Calon anggota PPS yang mendaftar ke KPU Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tanah Datar memperpanjang masa pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Serentak 2O2O.

"Ada 20 nagari yang belum mencukupi kuota sebanyak dua kali jumlah kebutuhan anggota PPS, maka pendaftaran diperpanjang dari 25 sampai 27 Februari, selama jam kerja," ucap Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi di Pagaruyung, Selasa 25 Februari 2020.

Ia menyebut ada 20 dari 75 nagari di Kabupaten Tanah Datar yang diperpanjang masa pendaftarannya yaitu Nagari Atar, Buo, Balai Tangah, Tapi Selo, Padang Magek, Batu Taba, Tambangan, Jaho, Paninjauan, Panyalaian, Koto Laweh, Aie Angek, Pandai Sikek, Koto Baru, Sabu, Simabur, Sawah Tangah, Sungai Jambu, Tanjung, dan Kumango.

Baca Juga

Rozi menjelaskan untuk pengumuman seleksi administrasi pada 28 Februari sampai 1 Maret, dan seleksi tertulis serentak dilaksanakan pada 4 Maret bagi seluruh pendaftar calon anggota PPS yang lulus seleksi administrasi.

Sementara itu, Komisioner KPU Tanah Datar Tomas Hendriko menyampaikan persyaratan untuk menjadi anggota PPS yang dibutuhkan diantaranya warga negara Indonesia, usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SLTA atau sederajat, bukan pengurus dan anggota partai politik, bukan tim sukses peserta Pilkada .

Kemudian, berdomisili dalam wilayah kerja PPS, mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, tidak pernah dipidana penjara, tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP, dan tidak boleh berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pilkada .

Sementara itu, untuk kelengkapan dokumen pendaftaran berupa fotocopi KTP elektronik, fotocopi Ijazah, pas foto 3x4 tiga lembar, membuat surat pernyataan, surat keterangan kesehatan, surat keterangan domisili bagi pelamar yang alamat domisilinya berbeda dengan KTP. (*)

Baca Juga

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com