Pengerjaan Jembatan Sikabu-Lubuk Alung Dimulai Maret 2020

Rencana Jembatan Sikabu
Rencana Jembatan Sikabu (Ist)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Jembatan Sikabu-Lubuak Aluang yang rusak berat akibat dihantam banjir masih dalam perencanaan pengerjaan. Jembatan tersebut akan digunakan untuk akses peserta MTQ tingkat Nasional 2020.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan BNPB telah menganggarkan dana sebesar Rp25 miliar untuk membangun jembatan permanen.

"Pasca rusaknya jembatan tersebut, kini masih hanya bisa dilewati kendaraan roda dua lantaran masih dalam kondisi darurat," kata Budi Mulya, Selasa 25 Februari 2020.

Baca Juga

Lebih lanjut Budy menjelaskan untuk pengerjaan akan dilakukan pada Maret tahun ini.

"Pengerjaan jembatan tersebut mulai pada Maret 2020 dan direncanakan selesai pada Agustus 2020," katanya.

Dikatakannya jembatan yang akan dibuat sekitar 100 meter. "Nah nanti jembatan tersebut dibuat kembali sepanjang 100 meter dengan lebar 7 meter menggunakan sistem prestressed," kata Budi.

Prestressed adalah jembatan beton prategang (prestressed-concrete). Beton prategang merupakan beton bertulang yang diberikan tegangan tekan dalam, untuk mengurangi tegangan tarik dalam beton di bagian tumpuan dan daerah kritis pada kondisi beban kerja.

"Kini prosesnya sudah masuk tahap pelelangan pengerjaan fisik. Mudah-mudahan pembangunan jembatan berlangsung dengan lancar," kata Budi.

Baca Juga

Penulis: Rehasa | Editor: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com