Tanpa Calon Perseorangan, KPU Pessel Fokus Persiapan Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memastikan Pilkada 2020 di Pesisir Selatan tidak memiliki calon perseorangan atau independen.

Hal itu diungkapkan, Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar, setelah KPU membuka jadwal penyerahan dan penerimaan syarat dukungan bagi balon yang maju melalui jalur independen atau perseorang Pilkada 2020.

"Lima hari penerimaan syarat dukungan yang kita jadwalkan, tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan sampai hari terkahir tanggal 23 kemarin," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Rabu 26 Februari 2020.

Ia menjelaskan, penyerahan dan penerimaan syarat dukungan balon perseorang sendiri, ditetapan KPU sejak Rabu 19 hingga Minggu 23 Februari. "Artinya, Pilkada Pessel dipastikan kosong dari calon perseorangan. Karena sebelum mendaftar, balon harus melalui tahapan yang sudah kita tetapkan," terangnya.

Lanjutnya, kendati tidak ada balon yang maju melalui jalur perseorangan di daerah itu. Pihaknya, bakal konsentrasi melaksanakan tahapan Pilkada sesuai jadwal yang telah ditentukan. "Ya, tentu kita akan terus fokus. Saat ini kita sedang fokus perekrutan anggota PPS. Lalu, penetapan pemilih (DPT Pilkada 2020)," terangnya.

Sedangkan, setelah tahapan rekrutmen PPS dan penetapan pemilih selesai, tambahnya KPU Pessel bakal segera membuka tahapan pencalonan, sampai pada tahapan kampanye hingga jadwal pemilihan yang bakal dilaksanakan, Rabu 23 September 2020.

"Sedangkan, pendaftaran bakal calon sendiri itu akan dibuka dari 16 sampai 18 Juni. Intinya akan tetap berjalan sesuai tahapan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk syarat dukungan jalur independen sudah diumumkan sejak 26 Desember tahun lalu. Diantaranya, selain menyerahkan syarat dukungan, bakal calon juga harus mengisi data dukungan ke Silon yang telah disediakan KPU .

Syarat dukungan itu, dientri ke Silon. Setelah dari Silon offline itu diprint, keluarlah B.1.1 KWK, dan file KWK itu diantar saat penyerahan syarat dukungan.

Sedangkan, syarat dukungan sendiri, bakal calon harus memenuhi syarat dukungan 28.158 dari 331 daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu. Dan syarat itu, harus tersebar di delapan kecamatan atau 50 persen dari 15 kecamatan yang ada.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com