504 Balita Mengidap Stunting, Ini Kata Camat Talamau Pasbar

Camat Talamau Nur Fauziah Zein
Camat Talamau Nur Fauziah Zein (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Camat Talamau, Kabupaten Pasaman Barat , Nur Fauziah Zein menyebut, angka stunting di kecamatan yang ia pimpin ada sekitar 504 balita, yang tersebar di tiga nagari atau desa di daerah itu.

"Angka stunting di Talamau cukup tinggi. Hal ini banyak faktor yang menyebabkannya. Tentu ini harus jadi perhatian kita bersama," sebut Nur Fauziah Zein kepada wartawan, Rabu (26/2/2020).

Ia mengatakan, faktor yang menyebabkan banyaknya warga Talamau mengidap stunting , karena faktor kesehatan, faktor pola hidup dan faktor lingkungan.

Baca Juga

Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya menekan lajunya angka stunting ini, dengan cara merubah pola hidup dan kesehatan. "Tentu dengan memperhatikan lingkungan, seperti penyediaan jamban sehat bagi warga," katanya.

Menurutnya, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita, akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak jadi pendek untuk seusianya. Sedangkan di Kecamatan Talamau merupakan kecamatan termiskin di Kabupaten Pasbar dengan mencapai angka 5.325 kepala keluarga atau 20.379 jiwa.

Ia merinci, saat ini ada tiga nagari/ desa yang menjadi tempat penyebaran pengidap stunting di Kecamatan Talamau, yakni di Nagari Kajai sebanyak 288 orang, di Nagari Talu sebanyak 134 orang dan di Nagari Sinuruik sebanyak 82 orang.

Kata camat, perlu langkah cepat dalam rangka menekan dan menurunkan jumlah penderita stunting ini. "Kita beharap, seluruh pihak terkait sampai ke tingkat nagari harus segera bergerak untuk memberantas ini," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com