BPBD Sumbar, BPBD Kabupaten dan Kota Sepakati Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Foto: Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menandatangani Perjanjian Kerja Sama Penanggulangan Bencana, Rabu, 26 Februari 2020 di Hotel Pangeran Beach
Foto: Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menandatangani Perjanjian Kerja Sama Penanggulangan Bencana, Rabu, 26 Februari 2020 di Hotel Pangeran Beach (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar) dan BPBD kabupaten/kota di Sumbar sepakat dalam menanggulangi bencana secara bersama, konfrehensif dan terpadu.

Kesepakatan itu dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) BPBD Sumbar dengan 19 kabupaten dan kota di Sumbar. PKS langsung ditandatangani oleh Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman dan masing-masing daerah.

Penandatanganan kesepakatan disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Rabu, 26 Februari 2020 di Hotel Pangeran Beach.

Baca Juga

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, wujud dari PKS tersebut untuk melakukan penanggulangan bencana secara konfrehensif dan terpadu. Memperkuat koordinasi dan sinergitas pelaksanaan penanggulangan bencana di kabupaten dan kota, meningkatkan peran serta Pemprov Sumbar dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di kabupaten dan kota. Serta sebagai upaya percepatan kegiatan pengurangan risiko bencana.

"Ruang lingkup jenis bencana yang termasuk dalam PKS ini meliputi banjir (banjir rob dan banjir bandang), tanah longsor, gempa bumi, tsunami dan erupsi gunung api," jelasnya.

Disampaikan Erman Rahman, poin penting dalam PKS tersebut adalah daerah penyanggah bencana. Daerah penyanggah bencana dimaksud adalah daerah yang berdekatan siap selalu untuk membantu daerah yang ditimpa bencana.

Erman mencontohkan, jika bencana terjadi di Padang Panjang, Kota Bukittinggi bisa langsung memberikan bantuan. Selanjutnya jika terjadi bencana di Solok Selatan, Kota Solok atau Kabupaten Solok langsung membantu.

"Ini salah satu tujuan kita, agar bencana bisa cepat ditangani secara bersama-sama. Apalagi kita (Sumbar) rawan bencana," ulasnya.

Disampaikannya, bantuan bisa dalam bentuk apa saja baik personil maupun sarana, prasarana serta peralatan dan logistik. Tak hanya itu, PKS juga menekankan untuk memperkuat koordinasi antar BPBD.

"Komitmen ini untuk mempermudah penanganan bencana di daerah. Terjadi bencana langsung keroyokan menanganinya. Tidak hanya saat bencana tetapi juga sebelum dan pasca bencana," ungkapnya.

Erman menerangkan, secara tertulis kerja sama yang telah ditandatangani berlaku selama tiga tahun kedepan dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan bersama pula.

"Kedepan kami akan bekerja, bersinergi sesuai dengan apa yang telah disepakati hari ini," tukasnya. (*)

Baca Juga

Editor: Joni Abdul Kasir

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com