Ganefri Raih Suara Terbanyak dalam Penyaringan Calon Rektor UNP

Rektorat UNP
Rektorat UNP (KLIKPOSITIF/FITRIA MARLINA)

PADANG, KLIKPOSITIF - Prof Ganefri, Ph.D raih suara terbanyak dalam penyaringan calon rektor Universitas Negeri Padang ( UNP ), di ruang rapat lantai empat gedung rektorat, Rabu, 26 Februari 2020.

Prof Ganefri, Ph.D berhasil meraih 77 suara dalam pemilihan, disusul oleh Prof. Dr Syahrial Bakhtiar, M.Pd, sebanyak 12 suara, Dr Refnaldi, S.Pd, M. Litt, satu suara dan Dr. Mawardi, M.Si tidak dapat suara. Total anggota senat yang memilih adalah 95 orang dan satu orang tidak memilih karena sakit.

Ketua Senat Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd mengatakan tahap penyaringan telah dilakukan oleh pihak kampus. "Tahap penyaringan terdiri dua tahap, yakni penyampaian visi-misi dari bakal calon rektor dan tahap pemberian suara. Pemilihan hari ini dari empat bakal calon menjadi tiga calon rektor untuk epriode 2020-2024," katanya usaia pemilihan.

Baca Juga

Ia mengatakan sudah ditetapkan dan disepakati oleh senat calon rektor yang akan dikirim nama-namanya ke menteri. "Paling lambat seminggu nama itu akan dikirimkan, namun panitia mengatakan paling lambat har Jumat (28/2) nama-nama itu akan diantar ke Jakarta," jelasnya.

Menurutnya proses selanjutnya adalah pemilihan yang direncanakan 12 Maret jika disetujui oleh menteri atau mungkin akan menunjuk pejabat dari kementerian dalam pemilihan itu. "Nantinya suara dari kementerian sebanyak 35 persen dan 65 persen dari senat. Jika tidak ada perubahan menteri pemilihan akan dilakukan di Padang," tuturnya.

Ia berharap siapapun rektor yang terpilih nantinya mampu membuat UNP maju. "Kita ingin rektor yang memiliki mimpi besar seperti menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), kemajuan-kemajuan di bidang pendidikan dan penelitian, dan pengabdian masyarakat diharapkan cepat maju," jelasnya.

Ia menilai empat tahun terkahir UNP memiliki kemajuan yang sangat cepat, misalnya naiknya ranking kampus dari ranking 88 menjadi ranking 25 tahun 2029. " Kemudian empat studi yang terakreditasi internasional. Sehingga harapan kita, rektor yang terpilih nantinya bisa memajukan universitas, menjaga nama baik universitas, membuat bekerja menjadi nyaman di kampus untuk dosen, dan mahasiswa terlayani dengan baik," harapnya.

"Bisnis universitas kan memberikan pelayanan kepada mahasiswa, dosen di bidang pendidikan, yang ujung-ujungnya ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjalankan amanat Undang-Undang Dasar di bidang pendidikan," jelasnya.

Ia melihat tantangan kedepan jauh lebih berat. Dengan revolusi industri 4.0, tantangan lebih besar ini bisa dijawab dengan baik. "Sehingga bagaimana seharusnya kita menjawab tantangan ini bisa berlangsung dengan baik," jelasnya. (*)

Baca Juga

Editor: Fitria Marlina

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com