Fenomena Musiman, Air Terjun Terbentuk di Ngarai Sianok

Air Terjun Puncak Taruko
Air Terjun Puncak Taruko (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Fenomena air terjun terbentuk di Ngarai Sianok, persisnya di Taruko, Jorong Sutijo, Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Agam -Sumbar.

Air terjun ini bersifat musiman, hanya ditemukan dalam enam bulan selama setahun.

Warga lokal, Wirman menyebut, fenonema ini terjadi saat di atas Ngarai musim tanam padi.

Baca Juga

"Di atas, ada areal persawahan yang luas, saluran irigasinya dibuang ke bawah, maka terbentuklah air terjun, kita menyebutnya air terjun Puncak Taruko," katanya, Kamis 27 Februari 2020.

Saat tertentu, air terjun musiman ini berdebit cukup besar sehingga terlihat dari kejauhan. Aliran sungai di bawah air terjun disebut warga dengan Pincuran Barameh.

"Kalau musim hujan, air terjunnya kering karena saluran irigasi ditutup oleh petani agar air tersebut tak terbuang ke Ngarai ," jelas Wirman.

Saat ini, kata Wirman, fenomena sudah berlangsung dalam 3-4 bulan terakhir, namun tak berlangsung konstan seharian debit airnya, bisa kering pagi maupun sore hari.

Tapi jika beruntung, kita menyaksikan air terjun setinggi 50 meter jatuh dari ketinggian lengkap dengan suara gemuruhnya.

Jika tertarik, silahkan lihat langsung ke lokasi. Air terjun ini berada dekat dengan Kapa Toman dan hanya bisa dilihat dari jauh. Tak ada akses untuk mendekat, lagian cukup berbahaya mendekatinya sebab berada di tebing Ngarai Sianok yang labil.

Baca Juga

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com