Pasangan Jon Matias - Jufrial Kantongi Lebih Banyak Dukungan

Komisioner KPU Solsel Andi Andrawan Putera menyerahkan Berita Acara model B.1-KWK perseorangan kepada Lo pasangan Jon Matias-Jufrial
Komisioner KPU Solsel Andi Andrawan Putera menyerahkan Berita Acara model B.1-KWK perseorangan kepada Lo pasangan Jon Matias-Jufrial (KAKA)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan ( Solsel ) menyelesaikan penghitungan syarat dukungan pencalonan yang diserahkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan, terungkap pasangan Jon Matias-Jufrial mengantongi dukungan lebih banyak dari pasangan Joni Syarif-Rapialdi.

"Setelah dihitung jumlah syarat dukungan pencalonan Jon Matias-Jufrial dinyatakan lengkap sebanyak 14.761 KTP dan Joni Syarif-Rapialdi 13.620 KTP," kata Komisioner KPU Solsel Divisi Teknis Wilson Chaniago Jum'at.

Dia menjelaskan, sebelumnya saat penyerahan syarat dukungan pencalonan, pasangan Joni Syarif-Rapialdi menyerahkan 17.005 KTP dan pasangan Jon Matias-Jufrial 15.632 KTP.

Baca Juga

"Setelah dihitung syarat dukungan yang diserahkan Joni Syarif-Rapialdi berkurang karena tidak lengkap sebanyak 3.385 sedangkan syarat tak lengkap Jon Matias-Jufrial hanya 871," katanya.

Berkurangnya syarat dukungan tersebut katanya, karena dokumen yang diserahkan tidak lengkap dan tidak sesuai ketentuan.

"Dukungan dalam formulir model B.1-KWK perseorangan tidak ditempel dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik,
tidak dilampiri surat keterangan dan/atau tidak ditandatangani oleh pendukung, dukungan tersebut tidak dihitung sebagai dukungan bakal pasangan calon perseorangan," katanya.

Dia melanjutkan meskipun berkurang dari syarat dukungan yang diserahkan pada saat penyerahan syarat dukungan pencalonan sebelumnya, berkas kedua pasangan calon perseorangan tersebut tetap bisa dilanjutkan ke tahap Verifikasi administrasi.

"Sebarannya masih merata di Tujuh kecamatan, Syarat minimal dukungan sebanyak 11.417 KTP dan tersebar minimal di empat kecamatan. Artinya, syarat dukungan dua pasangan calon perseorangan ini bisa dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi," katanya.

Baca Juga

Penulis: Kamisrial | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com