5 Hektare Lahan Sawit Terbakar di Pasbar, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Petugas saat memadamkan api dengan peralatan seadanya
Petugas saat memadamkan api dengan peralatan seadanya (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Lima hektare lahan kebun sawit terbakar di area perkebunan Plasma Batang Alin Permai (BAP) di Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumatera Barat. Petugas berupaya melakukan pemadaman, meski sumber air dari TKP sangat jauh.

"Hingga Jumat siang, petugas gabungan TNI, Polri, BPBD dan warga masih berupaya memadamkan api dan melakukan pemantauan di TKP," sebut Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, Jumat (28/2/2020)

Ia mengatakan, petugas terpaksa menggunakan peralatan sederhana seperti ember dan dahan kelapa sawit untuk memadamkan api. Sebab sumber air dari TKP sangat jauh.

Baca Juga

"Tim kesulitan memadamkan api karena sumber air cukup jauh dari TKP kebakaran," katanya.

Ia menjelaskan, anggotanya dari Koramil 06 Ujung Gading bersama tim lain, menemukan tiga titik api di lokasi kebakaran. Hingga kini petugas belum mengetahui penyebab pasti kebakaran itu.

"Tim masih berada di TKP untuk memantau dan memadamkan api serta mengantisipasi meluasnya kebakaran," ungkapnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan, karena cuaca panas dan angin kencang sehingga mudah menimbulkan kebakaran.

"Mari bersama-sama menjaga agar lingkungan terhindar dari kebakaran lahan atau pemukiman," imbau Ahmad Aziz.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Tuleh Iptu Zulfikar menyampaikan, masih terdapaf dua titik api yang menyala di Blok A4 dan A6.

"Hingga pukul 14.00 WIB masih ada dua titik api, namun tim gabungan tetap berupaya memadamkan api, meski dengan peralatan terbatas, kita masih stanby dan berharap tidak ada titik api baru," harapnya.

Baca Juga

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com