DPR Dorong Asrama Haji Padang Pariaman Segera Dimanfaatkan

Komisi VIII DPR RI berdialog saat meninjau asrama haji Sumbar baru yang berada di Padang Pariaman
Komisi VIII DPR RI berdialog saat meninjau asrama haji Sumbar baru yang berada di Padang Pariaman (Danil/kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Komisi VIII DPR RI mendorong agar asrama haji Sumater Barat yang berada di Padang Pariaman , tahun 2022 dapat digunakan untuk kepentingan jemaah haji.

"Tahun 2020 ini sudah dianggarkan sebesar 49 Milyar, anggaran bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Untuk membangun masjid dan perkantoran, melengkapi dua gedung yang sudah ada yaitu, gedung asrama dan aula," ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ihsan Yunus saat meninjau asrama haji Sumbar baru yang berada di Padang Pariaman , Jumat sore (28/02).

"Selanjutnya, kita dorong dibangun lagi asrama berikut ruang makan dan fasilitas lainnya, sehingga 2 tahun mendatang asrama haji Padang Pariaman bisa digunakan," lanjutnya.

Baca Juga

Asrama haji Padang Pariaman berada di atas lahan 10 ha. Saat ini sudah berdiri bangunan asrama bagi calon jemaah haji dengan jumlah kamar sebanyak 70 kamar setara hotel bintang 3, dapat menampung 210 jemaah. Asrama ini dibangun tahun 2018. Sementara aula yang dibangun tahun 2019 dapat menampung calon jemaah haji kurang lebih 1 kloter.

Plh. Kakanwil Kemenag Sumbar Syamsul Arifin mengatakan, asrama haji Padang Pariaman belum digunakan untuk musim haji tahun ini.

"Asrama haji Padang Pariaman , tahun ini belum digunakan karena fasilitas yang ada belum memadai, khususnya masjid dan gedung perkantoran yang tahun ini akan dibangun," terangnya.

Ia menambahkan, tahun ini jemaah haji Sumbar masih menggunakan asrama haji lama yang berada di Tabing, Padang. Embarkasi Padang terdiri dari 17 kloter terdiri dari 12 kloter jemaah haji Sumbar dan 5 kloter asal Provinsi Bengkulu.

"Efektif penggunaan asrama haji Padang Pariaman tahun 2022 setelah tambahan asrama, ruang makan dan gudang sudah ada," ujar Syamsul.

Tampak hadir Direktur Bina Zakat dan Wakaf Fuad Nassar, Direktur Pengelolaan Dana Haji Maman Saipulloh, dan Kepala Bidang pada Pusat Kerukunan Umat Beragama Kemenag Alifosra Nur.

Sumber : kemenag.go.id

Baca Juga

Editor: Haswandi

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com