Jelang Pilkada

Lembaga Survei Arah Baru Center Sumbar Sebut Elektabilitas Gerindra Masih Teratas

Direktur Lembaga survei Arah Baru Center Sumbar, Erizal
Direktur Lembaga survei Arah Baru Center Sumbar, Erizal (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Elektabilitas Partai Gerindra masih teratas untuk Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2020 mendatang. Hasil tersebut dituangkan dalam surfei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Arah Baru Center Sumatera Barat pada pertengahan Februari 2020 lalu.

Dalam surveiyang dilakukan sejak 21 hingga 25 Februari lalu di 18 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat dengan jumlah sampel sebanyak 6.462 responden.

Direktur Lembaga survei Arah Baru Center Sumbar , Erizal mengatakan bahwa survei tersebut dilakukan dengan tingkat kepercayaan setinggi 95 persen dan margin of error sebanyak 1,2 persen.

Baca Juga

"Surveiini kami lakukan terhadap 48,9 perempuan dan 51,1 persen lelaki," katanya.

Dari hasil survei, pihaknya mendapatkan data sebanyak 20,2 persen pemilih untuk Partai Gerindra dengan sebanyak 31,4 persen yang tidak mau menjawab.

"Pada urutan pertama kami temukan Partai Gerindra, kedua Partai PKS dengan jumlah 15,6 persen dan Partai Demokrat sebanyak 8,6 persen," lanjutnya.

Sementara beberapa partai lainnya diketahui hanya memiliki jumlah persentase di bawah 10 persen pemilih saja.

Menurutnya, bergabungnya Prabowo di kabinet Jokowi pada periode kali ini tidak mengubah minat masyarakat terhadap Partai Gerindra.

"Minat masyarakat untuk memilih Partai Gerindra dari hasil surveikami masih tinggi dan beberapa isu tentang Gerindra seperti bergabungnya Prabowo dengan kabinet Jokowi ternyata tidak berpengaruh," katanya.

Meskipun begitu, hasil survei yang ia lakukan tersebut masih 10 persen dari jumlah pemilih yang ada di Sumatera Barat saat ini.

"Hasil surveiini kemungkinan akan terus berubah, karena yang kami catat masih 10 persen saja untuk pemilih yang akan memilih di Pilkada 2020 mendatang," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri