Besok, Tersangka Pembunuh Istri Siri di Payakumbuh Jalani Sidang Perdana

Tersangka pembunuh istri siri, JH (20) saat diamankan Polres Payakumbuh.
Tersangka pembunuh istri siri, JH (20) saat diamankan Polres Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Tersangka JH (20) yang diduga melakukan pembunuhan terhadap istri sirinya di Payakumbuh pada awal Januari lalu direncanakan bakal menjalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri (PN) Payakumbuh , Rabu (4/3) nanti. Agendanya adalah pembacaaan dakwaan terhadap tersangka dari Jaksa Penuntut Umum.

Humas PN Payakumbuh Agung Dermawan menyebut, sidang perdana kasus pembunuha yang sempat menghebohkan Payakumbuh terdaftar dengan nomor perkara nomor 39/Pid.Sus/2020/PN Pyh. Sidang rencananya akan digelar di ruang sidang utama PN Payakumbuh .

baca juga: Imbas PSSB, Volume Sampah Ramadan dan Lebaran di Payakumbuh Menurun Dibandingkan Tahun lalu

"Sidang akan dipimpin langsung Ketua PN Payakumbuh , Indah Wastukencana Wulan didampingi dua Hakim Anggota, Nelly Gusti Ade dan saya sendiri," kata Agung Dermawan, Selasa (3/3).

Untuk diketahui, tersangka akan didakwa dengan dakwaan alternatif, yakni pasal 338 KUHP dan pasal 44 ayat 33 Undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang PKDRT undang-undang KDRT. Dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Gugus Tugas Payakumbuh Tetap Imbau Warga Jaga Protokol Kesehatan

Sebelumnya, dilatarbelakangi masalah ekonomi dan cemburu, JH (25) tega mengakhiri nyawa istri sirinya MP (20) pada Selasa pukul 23.00 Wib di rumah kontrakannya di RT 03 RW 01 Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara, Payakumbuh , Sumatera Barat.

Tersangka, JH (25) mengatakan pembunuhan tersebut dilakukannya karena permasalahan pembayaran angsuran motor yang belum dibayar.

baca juga: Besok, Pasar Ternak Payakumbuh Kembali Dibuka

"Kami ribut terkait uang angsuran motor. Tapi karena kurang sehat, dia (MP) tidak bisa keluar untuk cari duit. Jadi meminta saya untuk mencarikan uang," ujarnya.

Setelah ribut permasalahan motor, permasalahan pasangan muda tersebut diperuncing ketika tersangka JH melihat sang istri yang bekerja di sebuah kafe tengah saling berkirim pesan dengan pria yang merupakan pelanggan di tempat kerja MP.

baca juga: Camat Latina: Penerima Bansos Pemko Payakumbuh Harus Tepat Sasaran

"Dia chattingan dengan tamu kafe tempatnya bekerja. Saya tanya dia menjawab dengan nada keras. Dia melawan saat ditanya, sampai nampar saya," katanya. (*)

Editor: Taufik Hidayat