MTQN ke-39 Agam Diikuti 693 Kafilah

AGAM , KLIKPOSITIF - Sebanyak 693 kafilah siap bersaing pada Musabaqah Tilawatil Al-Qur'an ( MTQ ) Nasional ke-39 tingkat Kabupaten Agam , di Kecamatan Palembayan 7 sampai 12 Maret 2020 mendatang.

Kabag Kesra melalui Kasubag Agama, Yosman menyebutkan, kafilah ini berasal dari 16 kecamatan yang ada di Agam . Mereka mendaftar sejak 1 sampai 15 Februari 2020 secara online melalui aplikasi e- MTQ .

baca juga: Jalan Alternatif Padang-Bukittinggi Via Malalak Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

"Kafilah ini sudah memenuhi syarat yang ditetapkan setelah seleksi administrasi dilakukan panitia pendaftaran," sebutnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya kafilah mendaftar sebanyak 708 orang, setelah dilakukan verifikasi data ada 15 kafilah dinyatakan datanya tidak lengkap atau melewati batas usia yang ditentukan dan alasan lainnya.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Bantuan Penanganan COVID-19 kepada Pemkab Agam

"Dari jumlah kafilah yang sudah dinyatakan datanya valid, kecamatan mengusung kafilah terbanyak adalah Sungai Pua dan Baso dengan masing-masing 62 kafilah," terang Yosman.

Yosman menyebutkan, kafilah akan tampil di 10 cabang lomba seperti tilawah, qiraat, hifzil, khath, tafsir, fahmil, kitab standar, M2IQ, syarhil, khutbah jum'at dan adzan.

baca juga: Ini Hasil Labor 50 Warga Agam yang Lakukan Tes Swab, 14 Lainnya Masih Menunggu

Lebih lanjut Yosman menyebutkan, saat ini panitia sedang mempersiapkan acara pembukaan seperti tenda, pentas, mimbar utama, dekorasi dan persiapan lainnya. Sedangkan untuk lokasi lomba dan pemondokan kafilah sudah ditetapkan beberapa waktu lalu.

Dijadwalkan, perhelatan akbar MTQN ke-39 Agam ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, yang juga dihadiri Bupati Agam , Dr. H. Indra Catri, Kakanwil Kemenag Sumbar serta tamu undangan lainnya, di lapangan SMAN 1 Palembayan, Sabtu (7/3) siang. (rilis)

baca juga: Ini Kondisi Terkini Longsor di Tanjung Sani Agam

Editor: Rezka Delpiera