UNP Kerjasama dengan Puluhan Dunia Usaha dan Industri di Sumbar

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri lakukan penandatanganan MoU kerjasama dengan UNP di bidang industri di auditorium kampus tersebut, Kamis, 5 Maret 2020
Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri lakukan penandatanganan MoU kerjasama dengan UNP di bidang industri di auditorium kampus tersebut, Kamis, 5 Maret 2020 (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Negeri Padang ( UNP ) jalin kerjasama dengan puluhan dunia usaha/industri dalam rangka mendekatkan lulusan dengan user atau wirausaha. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan bersama antara UNP dengan perusahaan tersebut di auditorium UNP , Kamis, 5 Maret 2020.

Puluhan perusahaan itu diantaranya PT Semen Padang, PT Kunango Jantan, Grand Inna hotel Padang, Daima Hotel, Pangeran Beach Hotel, Whitz Prime Hotel Padang, PHRI, Dinas Pariwisata Sumbar, Novotel Bukittinggi, Kryad Bumiminang, dll.

Hadir dan menyaksikan kerjasama itu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam,M.Sc.,DIC., Ph.D. Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, Pemilik Ruang guru Iman Usman, dan perwakilan dari berbagi industri dan usaha.

Baca Juga

Rektor UNP Ganefri mengatakan kerjasama dengan industri diperuntukkan untuk mahasiswa magang dan praktik kerja. "Sehingga bukan hanya sekedar magang namun juga terampil dengan skill yang dimilikinya. Nantinya mereka akan di tes skill nya terlebih dahulu apakah layak untuk magang di perusahaan tersebut atau tidak karena juga akan digaji," katanya usai penandatanganan.

Ia mengatakan kerjasama ini akan mulai dilakukan pada tahun ajaran tahun 2021. "Mulai dari Juli sampai dengan Desember sehingga berdurasi selama enam bulan. Industri hanya mau enam bulan, tidak mau dua atau tiga bulan," tuturnya.

Menurutnya kerjasama dengan 15 industri dan dan dunia usaha juga dalam rangka mendukung gerakan merdeka belajar di UNP . "Ini salah satu langkah dalam mewujudkan kampus merdeka seperti yang dicanangkan oleh Mas Menteri. Dengan adanya program ini, nantinya akan ada pilihan-pilihan bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuan diri yang dimilikiatanya saat memberikan sambutan.

"Sehingga diharapkan 15 industri ini bisa menampung mahasiswa kita, baik untuk magang atau praktik kerja dan membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkontribusi bagi perusahaan itu," jelasnya.

Dalam penandatanganan MoU itu, juga dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam,M.Sc.,DIC., Ph.D terkait kampus merdeka, dan launching kampus terbuka.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Ketua Senat UNP Z. Mawardi, wakil rektor UNP , dosen di lingkungan kampus, perwakilan rektor perguruan tinggi di Sumbar, dan mahasiswa UNP . (*)

Baca Juga

Editor: Fitria Marlina

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com