Antisipasi Penyebaran, Pemko Solok Bentuk Gugus Tugas Penanganan Corona

Wako Solok, H. Zul Elfian perintahkan semua jajarannya aktif sosialisasikan pencegahan penyebaran Corona
Wako Solok, H. Zul Elfian perintahkan semua jajarannya aktif sosialisasikan pencegahan penyebaran Corona (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wali Kota Solok , H. Zul Elfian memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga lurah untuk aktif mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan Corona .

"Semua harus aktif melakukan kampanye kewaspadaan terhadap penyebaran Corona ," sebut H. Zul Elfian usai rapat koordinasi gugus tugas penanggulangan Corona kota Solok , Selasa (17/3/2020) di Balairung 99.

Menurutnya, Pemerintah kota Solok melalui dinas terkait juga akan melakukan desinfeksi di sejumlah fasilitas umum (Fasum) dan juga masjid untuk menekan kemungkinan terjadinya penyebaran virus Corona .

Baca Juga

Langkah Desinfeksi hanya merupakan upaya pencegahan. Apalagi, kota Solok yang terletak di jalur utama transportasi Sumatra, tentunya disinggahi oleh masyarakat dari berbagai daerah lain.

"Ingat, ini hanya langkah pencegahan, bukan berarti di kota Solok sudah ada kasus dugaan Corona . Karena dia virus, maka bisa dimusnahkan menggunakan Desinfektan," terang Wako.

Pemerintah kota Solok juga sudah membentuk gugus tugas penanggulangan Corona yang dikoordinir Sekda kota Solok , Nova Elfino. Melalui gugus tugas yang melibatkan seluruh unsur hingga kelurahan, semakin mempermudah koordinasi dan penanggulangan saat terjadi dugaan kasus di kota Solok .

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan kota Solok , dr. Ambun Kadri menyatakan sampai saat ini, khusus wilayah kota Solok pihaknya belum menemukan adanya dugaan kasus suspect Corona .

"Alhamdulillah, Sampai sejauh ini belum ada laporan dugaan suspect Corona . Orang Dalam Pantauan (ODP) di kota Solok sampai kini juga masih nihil," terangnya.

Jika nanti memang ada laporan ODP dan mengalami demam, flu dan batuk yang mirip dengan gejala Corona akan dilaksanakan pemeriksaan intensif di RSUD M. Natsir, jika negatif tetap dirawat di daerah , jika positif akan dirujuk ke M. Djamil.

"Melalui gugus tugas ini nantinya, pihak kelurahan dan kecamatan akan mendata orang yang baru kembali dari luar daerah ," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com