Survei Liberte Institut di Agam, Uang dan Sembako Pemberian Kandidat Paling Disukai saat Pilkada

Direktur Liberte Institute Indrayadi
Direktur Liberte Institute Indrayadi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Hasil survei Liberte Institut di Kabupaten Agam sungguh mengejutkan. Pasalnya dari 1.200 orang responden, Pemberian dalam bentuk uang dan sembako menjadi pemberian yang paling disukai oleh masyarakat.

Direktur Liberte Institute Indrayadi menjelaskan, dari pertanyaan yang lemparkan kepada responden "Pemberian dalam bentuk apakah yang lebih Bapak/Ibu sukai dari calon Bupati Wakil Bupati?", uang dan sembako menjadi pilihan mereka.

baca juga: Bersilaturrahmi ke Lezatta, Andri Warman dan Irwan Fikri Bahas Potensi Wisata Agam

"Angka yang memilih uang sebagai pemberian dari calon sebesar 65,4 persen dan sembako sebesar 17,4 persen. Kemudian yang mereka sukai yaitu alat pertanian, kalender, pakaian biasa, cangkir bergambar kandidat, sarung, alat penangkap ikan, jam weker dan alat tulis bergambar kandidat," terangnya, Kamis, 19 Maret 2020.

Walaupun demikian, angka mereka menerima tapi memilih calon sesuai pilihan sendiri

baca juga: Disparpora Agam: Kami Belum Buka Objek Wisata

cukup tinggi (5,2 persen). Sementara ada 4,2 persen responden yang menolak praktik politik uang.

"Sebagian besar masyarakat mau menerima pemberian dari calon Bupati/Wakil Bupati, namun mereka cenderung akan memilih calon Bupati/Wakil Bupati yang lebih dikenal," jelasnya.

baca juga: Jalan Alternatif Padang-Bukittinggi Via Malalak Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Kata Indrayadi, para responden memilih tokoh-tokoh di atas dengan alasan ingin perubahan 18,9 persen, gambar yang tersebar 16,2 persen, merakyat 11,1 persen. "Menariknya, di Agam hanya 1 persen tokoh yang dipilih karena melihat partai yang mengusung," ulasnya.

Survei dilaksanakan survei yang dilaksanakan pada 3-10 Maret 2020 meliputi seluruh nagari di Agam dengan metode survei multistage random sampling, dan jumlah responden 1.200 responden dan margin error kurang lebih 3 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Bantuan Penanganan COVID-19 kepada Pemkab Agam

Responden terdiri dari warga dengan usia 36-45 tahun sebanyak 22,5 persen, 26-35 tahun sebanyak 19,3 persen, 56-65 tahun sebanyak 16,0 persen, dan 17-25 tahun 9,7 persen.

Responden terdiri dari 43,1 persen tamatan SMA, ibu rumah tangga 19,3 persen, informal 7,0 persen, pelajar/mahasiswa 4,1 persen, pengangguran 2,5 persen, dan buruh tani 2,1 persen.

Indrayadi juga memaparkan, Liberte Institute adalah satu-satunya lembaga survei yang saat ini terdaftar dan sudah diverifikasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dan KPU Agam .

Editor: Joni Abdul Kasir