Keluarkan Edaran Belajar di Rumah, Wali Kota Pariaman Libatkan Satpol PP Untuk Pemantauan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Antisipasi penyebaran Virus COVID-19, Pemerintahan Kota Pariaman terapkan sistem belajar di rumah untuk siswa mulai pada Jumat (20/03/2020).

Walikota Pariaman , Genius Umar mengatakan, kebijakan tersebut berlaku untuk 14 hari kedepan. Jika kurun waktu itu siswa berkeliaran, Satpol PP akan menindaki.

baca juga: Pemkab Agam Kembali Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 20 Juni

"Berdasarkah hasil rapat, diputuskan siswa untuk belajat di rumah. Belajar di rumah ini berlaku mulai besok dan berlaku selama 14 hari," kata Genius Umar, Kamis 19 Maret 2020.

Lebih lanjut Genius mengatakan seluruh siswa tersebut akan diberikan tugas oleh guru yang dipantau melalui dalam jaringan dan jika siswa tersebut tidak menyerahkan tugas yang dikerjakan maka guru akan mendatangi rumah yang bersangkutan.

baca juga: Kebakaran di Padang Pariaman, Satu Orang Meninggal Dunia

"Jadi siswa ini tidak kita liburkan, cuma memindahkan tempat belajarnya saja, semula di sekolah dan saat ini belajar di rumah," katanya.

Tidak hanya itu, Genius juga meminta orangtua siswa untuk memperhatikan anaknya sehingga tidak keluar rumah selama kebijakan merumahkan belajar siswa.

baca juga: Dwi Sasono Pakai Ganja Sebulan Terakhir, Kenali Ciri-ciri Seorang Pemakai

"Kami sudah membuat edarannya sehingga orangtua dapat mengetahuinya. Jangan sampai nanti telah diperbolehkan belajar di rumah, namun mereka malah keluar," katanya.

Untuk melakukan pemantauan pihaknya juga mengerahkan anggota Satpol PP untuk menambah pengawasan agar siswa tidak berkeliaran selama kebijakan itu diterapkan.

baca juga: Perekonomian Kota Padang Merosot Selama Pandemi

"Hal tersebut guna mengantisipasi salah gunakannya keputusan itu oleh siswa untuk pergi ke warnet atau tempat hiburan lainnya," sebut Genius.

Pihaknya tetap meminta warga untuk menjaga kesehatan dengan membiasakan hidup sehat di ataranya sering mencuci tangan dengan sabun dan memperbanyak makan buah dan sayur.

Rehasa

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri