Keluyuran Saat Libur Sekolah Akibat Corona, Satpol PP Tanah Datar Tertibkan Pelajar di Warnet dan Rental PS

Penertiban pelajar yang berada di warnet
Penertiban pelajar yang berada di warnet (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanah Datar menertibkan sejumlah pelajar yang berada di warung internet (warnet) dan rental play station (PS).

"Dalam operasional penegakan Perda dan melaksanakan Instruksi Bupati Tanah Datar Nomor 800/839/Dikbud-2020 tentang penanganan dampak COVID-19, kita menertibkan beberapa pelajar yang berada di warnet dan rental PS," ucap Kasi Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar Tanah Datar Elfiardi di Batusangkar, Sabtu 21 Maret 2020.

baca juga: Pemkab Agam Kembali Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 20 Juni

Ia menyebut penertiban ini dilakukan karena siswa seharusnya berada di rumah melaksanakan proses belajar mengajar sesuai surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar .

"Bila ada siswa yang kedapatan berada di tempat fasilitas umum atau keramaian tanpa didampingi orangtua akan kita tertibkan, kecuali ada keperluan mendesak," tutur Elfiardi.

baca juga: Arsul Sani: Polri Harus Hati-Hati dalam Upaya Paksa Penindakan Non Jatras

Upaya penertiban yang dilakukan berupa memberikan nasehat kepada pelajar dan meminta mereka pulang ke rumah masing-masing.

Berdasarkan instruksi bupati dan surat edaran Dinas Dikbud dimana untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Tanah Datar , proses belajar mengajar dipindahkan dari sekolah ke rumah mulai 20 Maret - 1 April 2020.

baca juga: Gede Widiade Ungkap Wacana Pembentukan Operator Baru Liga 2

"Selama itu, anggota Satpol PP dengan dibantu personil dari Kodim dan Polres Tanah Datar akan melakukan kegiatan penertiban," ucap Elfiardi.

Hari ini tim melakukan operasi di beberapa lokasi berkumpulnya pelajar seperti depan Kantor Pengadilan Agama Limo Kaum, Kampus IAIN Batusangkar di Nagari Cubadak, Perum Dobok Indah, Jalan Raya Dobok, Jalan Raya Minang, dan seputaran Kota Batusangkar.

baca juga: Disparpora Bukittinggi: Semua Pengunjung Wajib Pakai Masker

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar Yusnen mengimbau agar orangtua dapat menjaga anak-anaknya tidak keluar rumah selama masa libur ini.

"Karena kita tidak tahu sejauh mana penyebaran virus COVID-19 ini, sesuai anjuran pemerintah, yang terbaik dilakukan saat ini adalah berada di rumah dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan," tutur Yusnen. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri