Dampak Pandemi Covid-19, Ini Imbauan Ikatan Pelajar Minang Internasional Kepada Mahasiswa di Seluruh Dunia

Foto Bersama Anggota IPMI pada acara Minangkabau World Scholarship Festival IPMI 2019 lalu di Padang Panjang
Foto Bersama Anggota IPMI pada acara Minangkabau World Scholarship Festival IPMI 2019 lalu di Padang Panjang (Ade Suhendra)

JERMAN, KLIKPOSITIF - Melihat perkembangan Virus Corona yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai Pandemi Global dan semua Negara di dunia mulai melakukan isolasi/lockdown di Negara masing-masing Pengurus Ikatan Pelajar Minang Internasional (IPMI) keluarkan Imbauan. Surat Imbauan bernomor 002/IPMI/I/2020 tersebut ditanda tangani langsung oleh Ketua IPMI Tareq Albana dan Sekjend Yusuf Abdullah pada Senin 23 Maret 2020.

Tareq Albana mengatakan kepada mahasiswa Minang di seluruh dunia untuk menghentikan semua aktifitas di luar rumah dan tidak melakukan perjalanan jauh. Kemudian juga melakukan isolasi mandiri di rumah dan menjaga diri dari wabah penyakit adalah perintah syariat Islam.

"Lakukanlah medical check-up secara menyeluruh dan cek suhu badan di rumah sakit resmi kampus atau rumah sakit pemerintah di Negara yang bersangkutan. Kemudian mematuhi dan tunduk dengan kebijakan yang dibuat oleh Negara tempat kita belajar, seperti pemberlakuan jam malam, dan lainnya," kata mahasiswa Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir tersebut.

Baca Juga

Ia juga mengajak seluruh mahasiswa Minang yang tersebar di berbagai negara untuk menggunakan masker saat keluar dari rumah. Selain itu, juga menjauhi keramaian dan hindari kontak langsung dengan orang lain atau tidak bersalaman serta selalu mencuci tangan dengan sabun.

"Mari kita selalu menjaga komunikasi bersama pihak KBRI, Kampus dan juga kepada keluarga agar tidak menimbulkan kekhawatiran di kampung halaman. Serta tidak melakukan perjalanan ke Indonesia dan bertahan di Negara masing-masing karena dikhawatirkan akan tertular virus saat berada di bandara atau ketika transit," ujar Tareq yang bermarkas di Jerman tersebut.

Sebagai umat beragama, ia juga menjelaskan bahwa senantiasa meminta pertolongan dan bertawakal kepada Allah SWT agar dilindungi dari virus mematikan ini. Sehingga Pandemi Covid-19 ini tidak menggangu studi mahasiswa minang di negara masing-masing.

"Saat ini untuk anggota IPMI ada sekitar 172 orang dari 25 negara. Beberapa negara yang banyak dihuni oleh anggota IPMI adalah Turki, Mesir, China, Jerman, Sudan dan Arab Saudi. Semoga kita semua dalam lindungan-NYA," kata Tareq Albana.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com