Pasbar Nihil PDP, ODP Terdata Lima Orang

Hingga Saat Ini, Pasbar Masih Aman Dari COVID-19

Juru bicara Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan Pasaman Barat, dr Gina Alecia
Juru bicara Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan Pasaman Barat, dr Gina Alecia (Humas Pasbar)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Juru bicara Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan Pasaman Barat, dr Gina Alecia mengatakan, hingga saat ini Kabupaten Pasaman Barat masih aman dari COVID-19. Ia menjelaskan terhitung pada Selasa (24/3/2020). Pasaman Barat angka data dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada sebanyak 5 orang.

Terhadap ODP ini, dilakukan pemantauan setiap harinya sampai masa inkubasi selama 14 hari," jelasnya.

Kemudian lanjut dr. Gina Alecia, sedangkan untuk orang Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) masih nihil dan begitu juga untuk angka positif pun masih nihil. "Orang pasien dalam pengawasan kita masih nihil dan angka positif pun masih nihil," ujar Jubir Satgas COVID-19 Dinkes Pasbar ini.

Baca Juga

Sebelumnya, dr Gina Alecia pernah menerangkan ciri-ciri orang yang yang terjangkit COVID-19 seperti, mengalami demam di atas 38 derajat celcius, batuk filek dan sesak nafas atau mengalami gangguan pernafasan, selain itu didukung oleg riwayat perjalanan dan riwayat kontak.

Misal, orang yang terjangkit tidak melakukan perjalanan namun ada kontak, atau dengan hewan yang bawa penyakit COVID-19, sehingga orang ini akan tertular," terangnya.

Untuk itu ia menyarankan, jika ada yang baru melakukan perjalanan dari luar negeri atau daerah pandemi, agar melakukan monitoring sendiri dan menjaga diri. Artinya, melakukan isolasi sendiri dan membatasi aktivitas dengan orang lain sementara waktu.

"Orang ini harus memakai masker dan melakukan jarak sekitar satu meter dengan orang yang akan diajak berinteraksi, ini dilakukan selama 14 hari," paparnya.

Catatan Redaksi : Bagi anda warga Kebupaten Pasaman Barat yang merasakan gejala demam tinggi, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat di nomor 081396045210 dan 085263011244.

Baca Juga

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com