Pantau Perbatasan, Wabup dan Ketua DPRD 50 Kota Temukan Puluhan Pendatang Bersuhu Tubuh Tinggi

Wakil Bupati Ferizal Ridwan saat wawancara di Pos Penanganan Covid-19 di Perbatasan Sumbar Riau
Wakil Bupati Ferizal Ridwan saat wawancara di Pos Penanganan Covid-19 di Perbatasan Sumbar Riau (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA, KLIKPOSITIF - Pantau penanganan Covid-19 di perbatasan Sumbar Riau, Wakil Bupati Ferizal dan Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra temukan pendatang bersuhu tinggi, Rabu 25 Maret 2020.

Hal ini disampaikannya usai melakukan pengecekan suhu tubuh pengendara atau pendatang dari Riau yang akan memasuki Sumbar di daerah Tanjung Balit, Rimbo Data.

Ferizal Ridwan mengatakan pengecekan suhu tubuh ini dilakukan kepada setiap orang yang lewat dari arah Riau. Tidak hanya pengemudi tapi juga penumpang, baik itu kendaraan R2 maupun R4 yang akan memasuki daerah Sumbar.

Baca Juga

"Untuk yang memiliki suhu lebih dari 38 derajat maka disuruh istirahat di Posko dan konsultasi dengan tim medis. Kemudian dilakukan pencatatan untuk memudahkan mengontrol ke depannya," kata Wakil Bupati Ferizal Ridwan didampingi Deni Asra.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati yang datang bersama Ketua DPRD Lima Puluh Kota juga memberikan alat pengaman berupa masker yang tidak memakai alat tersebut. Pemeriksaan dan penanganan Covid-19 ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan , Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas serta TNI dan Polri berjumlah sekitar 20 orang dengan menggunakan thermo gun.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Posko Penanganan Covid-19 daerah perbatasan Desi Fitria mengatakan hingga Rabu 25 Maret 2020 ditemukan 29 orang dengan suhu tubuh melebihi suhu tubuh orang normal. Umumnya, dikatakan Desi bahwa yang memiliki suhu di atas 38 derajat merupakan warga Riau yang ingin menuju berbagai daerah di Sumbar.

"Posko ini sendiri sudah dibuka sejak Jumat 20 Maret 2020 lalu dan sampai hari ini sudah mencapai 29 orang yang memiliki suhu tubuh tinggi," kata Desi saat ditemui di Pos Penanganan Covid-19 Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ia menambahkan pemeriksaan terhadap pengendara dan pemudi dari Riau ke Sumbar tersebut dilakukan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Hasil pantauan KLIKPOSITIF , pemeriksaan tersebut sempat memacetkan arus lalulintas dari Riau ke Sumbar.

"Kepada yang memiliki suhu tinggi sudah kita periksa, didata dan diberikan perlindungan diri seperti masker termasuk disinfektan. Selanjutnya, kita edukasi untuk tidak berdekatan dengan orang lain dan menerapkan pola hidup bersih," kata perawat dari Puskesmas Tanjuang Balit tersebut.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com