KONI Payakumbuh Instruksikan Atlet Latihan Mandiri di Rumah

Ketua KONI Payakumbuh Yusra Maiza saat mengikuti kegiatan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Ketua KONI Payakumbuh Yusra Maiza saat mengikuti kegiatan di Jakarta beberapa waktu lalu. (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Menyikapi beberapa imbauan dan instruksi dari berbagai pihak, Ketua KONI Payakumbuh Yusra Maiza menginstruksikan seluruh atlet Kota Payakumbuh untuk latihan mandiri di rumah masing-masing. Surat himbauan tersebut juga menjelaskan alasan dikeluarkannya surat dari Komite Olahraga Nasional Indonesia wilayah Payakumbuh tersebut.

Yusra Maiza mengatakan dikeluarkannya surat iimbauan dengan nomor 20/Koni-Pyk.2020 tersebut karena sebelumnya telah dikeluarkannya Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor: 3.17.4/SETI/2020 Tanggal 17 Maret 2020 terkait kewaspadaan terhadap penyebaran Virus COVID-19 terhadap dunia Olahraga di Indonesia. Kemudian sebelumnya juga ada Maklumat Kapolri Nomor: Mak/2/11/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Covid - 19 Tanggal 19 maret 2020.

"Sedangkan untuk Kota Payakumbuh sendiri juga ada Surat Edaran Walikota Payakumbuh Nomor : 09/EDWK-PYK/2020 Tanggal 26 Maret 2020 Tentang Antisipasi Penyebaran Virus COVID-19 di Kota Payakumbuh . Berdasarkan hal tersebut diimbau kepada Cabang Olahraga se-Kota Payakumbuh agar menginstruksikan kepada Atlet-atletnya untuk tidak beraktivitas diluar rumah," kata Ketua KONI Payakumbuh di Sekretariat, Jalan Rasuna Said, Komplek GOR PayakumbuhJumat, 27 Maret 2020.

Baca Juga

Ia menambahkan langkah ini dilakukan untuk meminimalisir para atlet dan pelatih agar tidak terinfeksi virus COVID-19. Kemudian atlet tetap menjalani program latihan mandiri dalam menjaga fisik dapat dilakukan di rumah atau tempat masing-masing.

"Saat ini berdasarkan pendataan terakhir, tercatat sebanyak 500 atlet dan ofisial yang ada di Payakumbuh . Kami berharap adanya himbauan ini dapat mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Payakumbuh ," kata Yusra Maiza.

Menurutnya, meskipun belum ada yang positif di Payakumbuh , langkah antisipasi dengan tidak banyak berkegiatan di luar rumah dapat membantu pengurangan penyebaran COVID-19. Secara terpisah, Sekretaris Perbasi Payakumbuh Edwardi mengapresiasi dan mendukung langkah KONI Payakumbuh dalam memantau atlet yang ada.

"Kami dari Perbasi Payakumbuh sangat mendukung langkah KONI Payakumbuh terkait himbauan ini. Ini adalah wujud kepedulian KONI terhadap atlet yang ada. Untuk cabor bola basket saat ini sudah tidak ada latihan gabungan baik di klub maupun tim kota. Mereka diminta untuk latihan mandiri di rumah masing-masing," kata Edwardi.

Baca Juga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani

Video Terbaru

Viral Penculikan Anak di Sumbar, Bagaimana Mencegahnya?

YouTube channel KlikPositif.com